Angkutan gratis yang bakal digunakan pelajar di Kota Batu (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Angkutan gratis yang bakal digunakan pelajar di Kota Batu (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Pemkot Batu terus berupaya untuk memaksimalkan fasilitas umum bagi pelajar di Kota Batu. Salah satunya melalui angkutan gratis yang rencananya diwujudkan tahun ini, bakal dicoba oleh pelajar sekolah menengah pertama.

Baca Juga : Bakal Ditutup Setiap Hari, Ini Jalur Yang Terapkan Physical Distancing di Kabupaten Malang

“Angkutan gratis ini khususnya untuk pelajar SMP. Melihat banyak pelajar yang memang sekolah jauh dari rumahnya,” ungkap Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko.

Mengapa pelajar SMP? Ya untuk uji coba operasional nanti masih akan diterapkan pada siswa SMP.

“Karena lembaga pendidikan yang berada di bawah naungan Dinas Pendidikan Kota Batu ini hanya sampai tingkat SMP,” imbuhnya.

Dewanti menjelaskan rencana ini dinilai mampu mengurangi angka kecelakaan di Kota Batu. Dan dinilai lebih aman jika naik angkutan umum saat pergi ke sekolah.

Lanjutnya, program ini nantinya menggunakan teknis seperti jam khusus untuk para angkutan dalam menjemput anak sekolah agar tidak terlambat sampai di sekolah. 

Baca Juga : Tanggapan Resmi Gojek dan Grab soal Fitur Ojek Online yang Hilang dari Aplikasi

Menurutnya para sopir angkutan gratis nanti akan melakukan penjemputan anak sekolah lebih pagi agar tidak terlalu lama menunggu datangnya angkutan dan tentunya para siswa tidak terlambat masuk sekolah.

“Kalau pagi, kewajiban dia harus mengangkut para pelajar itu terlebih dahulu. Di tengah jalan tidak boleh mengangkut selain pelajar, setelah selesai baru bisa mengangkut masyarakat umum lagi,” jelasnya.