Angkutan umum di Terminal Kota Batu. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Angkutan umum di Terminal Kota Batu. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Keinginan Pemkot Batu memberikan fasilitas angkutan umum bagi pelajar di Kota Batu secara cuma-cuma alias gratis rupanya bakal diwujudkan pada tahun 2020 ini. 

“Insya Allah tahun ini fasilitas umum angkutan gratis untuk pelajar kami pastikan bisa terealisasi,” ucap Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko.

Ia menjelaskan, keseriusan Pemkot Batu menggratiskan angkutan umum bagi pelajar bisa dilihat dari kinerja sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD). Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Dinas Pendidikan, Dinas Perhubungan, dan Organisasi Angkutan Darat (Organda) Kota Batu sampai sekarang sedang mengkaji hal tersebut.

“Pada tahun 2020 ini memang sudah menjadi target kami, angkutan gratis bagi pelajar ini bisa terealisasi. Meskipun sekarang dalam kajian karena itu perlu adanya pertimbangan, mulai dari jalur dan sebagainya” ungkap Dewanti.

Keseriusan merealisasikan program ini tahun 2020 juga ditunjukkan dengan peanggaran program itu dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2020. Jumlahnya Rp 2 miliar.

Menurut Dewanti,  dengan program ini, bukan hanya pelajar yang diuntungkan. Tetapi  sopir angkutan juga bisa menambah penghasilan.

“Melihat memang saat ini minat pelajar maupun masyarakat untuk naik angkutan  cukup rendah. Sehingga ini cara kami untuk menyejahterakan sopir angkutan,” kata istri Eddy Rumpoko ini.