Penyerahan bantuan dari Fraksi PKS DPRD Kota Malang untuk korban banjir di Perumahan Piranha Village Kelurahan Tunjungsekar. (Fraksi PKS for MalangTIMES).
Penyerahan bantuan dari Fraksi PKS DPRD Kota Malang untuk korban banjir di Perumahan Piranha Village Kelurahan Tunjungsekar. (Fraksi PKS for MalangTIMES).

MALANGTIMES - Hujan deras yang terjadi di Kota Malang pada Senin (10/2/2020) lalu mengakibatkan beberapa wilayah di Kota Pendidikan ini terendam banjir. Salah satu wilayah terdampak adalah kawasan Tunjung Sekar. 

Baca Juga : Ini Jawaban Ustaz Yusuf Mansur saat Ditanya Apakah Dukung Anies Baswedan Maju Pilpres 2024

Beberapa rumah warga di perumahan Piranha Village di Kelurahan Tunjungsekar Kecamatan Lowokwaru pun terpantau mengalami kerusakan.

Ketua Fraksi PKS DPRD Kota Malang Trio Agus Purwono menyampaikan, berdasarkan informasi yang ia terima, hujan deras yang terjadi tersebut menyebabkan air sungai yang melewati daerah Tunjung Sekar meluap. Luapan air kemudian masuk ke rumah warga di perumahan Piranha Village, Kelurahan Tunjungsekar Kecamatan Lowokwaru.

"Luapan air tersebut juga mengakibatkan jebolnya tembok pembatas belakang rumah Bapak Sofyan yang tinggal di Piranha Village Kavling 5," katanya pada MalangTIMES, Rabu (12/2/2020).

Trio menjelaskan, sedikitnya ada delapan rumah warga di perumahan tersebut yang terdampak. Selain itu, banjir juga mengakibatkan salah satu mobil warga yang terparkir di halaman depan rumah yang berdekatan dengan sungai ikut hanyut terbawa derasnya air.

"Banjir ini merendam rumah setinggi perut orang dewasa atau setengah meter. Tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut," tambahnya.

Berdasarkan penuturan pemilik rumah terdampak, Sofyan, Trio menyampaikan jika banjir terjadi lantaran saluran air sungai yang menyempit akibat bangunan di sekitar sungai.

Selain itu, keberadaan sungai yang memang lebih tinggi daripada komplek perumahan mengakibatkan sungai meluap dan secara otomatis membuat perumahan terendam banjir.

Setelah mendengar berita tersebut, lanjutnya, Fraksi PKS Kota Malang langsung terjun ke lokasi terjadinya bencana. 

Anggota Fraksi PKS DPRD Kota Malang pada Selasa (11/2/2020) siang melakukan sidak ke lokasi banjir dan memberikan bantuan dan dukungan, baik moril maupun materiil kepada korban, khususnya Bapak Sofyan dan Ibu Dini yang merupakan korban  paling parah terdampak akibat banjir.

"Alhamdulilah anak dan istri saya selamat dan kondisi kami sudah lebih baik," terang korban yang rumahnya terendam banjir, Sofyan saat disambangi anggota Fraksi PKS DPRD Kota Malang.

Namun meski begitu, istri Sofyan masih shock dan trauma. Karena selain mengandung dan memiliki bayi yang masih berumur satu tahun, mereka sempat tenggelam akibat arus deras dan luapan air yang besar. Beruntung pasangan ibu dan anak tersebut masih bisa terselamatkan.

"Dan sudah kami periksakan ke bidan dan kondisinya sekarang sudah membaik," tambah Sofyan.

Baca Juga : Dewan Dorong Pemkot Malang Salurkan Bantuan Sembako bagi Warga Terdampak Covid-19

Bantuan dari Fraksi PKS DPRD Kota Malang diserahkan langsung oleh anggota DPRD Kota Malang, Bayu Rekso Aji dan Akhdiyat Syabril Ulum pada Selasa (11/2/2020) pukul 13.30. Bantuan diterima langsung Sofyan selaku pemilik rumah dan korban terdampak banjir paling parah.

"Kami menyampaikan rasa duka atas musibah yang terjadi pada bapak Sofyan dan keluarga, yang kedua kami mendoakan agar sabar, mudah - mudahan diganti yang lebih baik," terang Bayu Reksa.

"Kehadiran kami berdua ingin menunjukkan kepedulian PKS sebagai partai yang tanggap dan peduli terhadap kesulitan warga. Kami juga ingin membantu meringankan beban kesulitan korban terdampak," tambah Bayu Rekso yang juga sebagai anggota Komisi B DPRD Kota Malang.

Sebagai informasi, program tanggap bencana Fraksi PKS sudah menjadi agenda rutin dalam memberikan bantuan ke warga terdampak. Seperti yang pernah dilakukan sebelumnya adalah saat memberikan bantuan air bersih untuk warga terdampak krisis air PDAM Kedungkandang.

"Pihak Pemerintah Kota Malang melalui Dinas PUPR sudah meninjau lokasi dan menjanjikan akan dilakukan perbaikan pembangunan warga korban dan bangunan sungai. Kami dari Fraksi PKS melalui Anggota Fraksi yang di Komisi C akan mengadvokasi dan memastikan janji tersebut terealisasi dalam waktu yang tidak terlalu lama," tambah Akhdiyat Syabril Ulum yang juga anggota Komisi A DPRD Kota Malang.