Petugas mengevakuasi pohon tumbang yang disebabkan hujan lebat dan angin kencang.
Petugas mengevakuasi pohon tumbang yang disebabkan hujan lebat dan angin kencang.

MALANGTIMES - Masyarakat harus waspada terhadap kondisi cuaca saat ini. Sebab, hujan deras disertai angin lebat kerap terjadi, seperti yang melanda warga Kecamatan Turen, Kabupaten Malang, Selasa (11/2/2020) sore.

Badai itu terjadi tepatnya di perbatasan Desa Sananrejo dan Desa Pagedangan, Kecamatan Turen.  Hujan lebat disertai angin kencang itu melanda sekitar pukul 15.00 WIB. "Menyebabkan atap rumah dan toko beberapa warga rusak," ujar petugas Tagana (Taruna Siaga Bencana) Koordinator Wilayah Turen Nico, 

Baca Juga : Tanggap Covid-19, Fraksi PKS DPRD Kota Malang Bagikan Ratusan APD ke Petugas Medis

Badai itu juga menumbangkan sebuah pohon besar. Akibatnya, akses lalu lintas di jalan yang menghubungkan Turen dengan Kecamatan Wajak terganggu.

Laporan dari petugas yang berada di lapangan, peristiwa ini tidak menyebabkan korban jiwa. Tetapi kerugian materi diperkirakan mencapai jutaan rupiah. "Ada dua tempat usaha, dua rumah di  Desa Sananrejo serta satu tempat usaha di Desa Pagedangan rusak," beber Nico.

Proses evakuasi melibatkan TRC BPBD Kabupaten Malang, PMI Kabupaten Malang, Polsek Turen, Koramil Turen, Tagana Kabupaten Malang Wilayah Turen, Poslap Tirtoyudo, serta masyarakat sekitar.

Untuk menanggulangi kejadian serupa, patugas berwenang diharapkan melakukan peremajaan pohon-pohon tua yang sudah rawan roboh. Juga menyosialisasikan kepada masyarakat agar selalu waspada jika hujan lebat dan angin kencang kembali melanda.