Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Malang Ir H Ghufron Marzuqi (tengah pakai peci) saat memimpin agenda Rakorcab DPC Partai Demokrat Kabupaten Malang. (Foto : Ashaq Lupito / MalangTIMES)
Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Malang Ir H Ghufron Marzuqi (tengah pakai peci) saat memimpin agenda Rakorcab DPC Partai Demokrat Kabupaten Malang. (Foto : Ashaq Lupito / MalangTIMES)

MALANGTIMES - Pilkada (Pemilihan Kepala Daerah) Kabupaten Malang 2020 tinggal hitungan bulan. Namun, beberapa nama yang mencuat sebagai calon bupati maupun wakil bupati Malang hingga saat ini masih belum ada kepastian. 

Bahkan beberapa parpol (partai politik) juga belum mengambil sikap ke mana arah dukungan atau calon yang akan diusung guna bertempur dalam pilkada.

Lamgkah yang sama juga terjadi pada Partai Demokrat Kabupaten Malang. Hal ini disampaikan langsung oleh Sekretaris DPC Demokrat Kabupaten Malang Joshua Sebayang saat memberikan sambutan dalam agenda Rakorcab (Rapat Koordinasi Cabang) I DPC (Dewan Pimpinan Cabang) Partai Demokrat Kabupaten Malang, Minggu (9/2/2020).

”Kaitanya dengan arah politik Partai Demokrat pada pilkada 2020, baik yang konvensi maupun yang tidak, sama-sama masih wait and see. Artinya, tidak banyak calon yang punya elektabilitas serta punya kelebihan yang layak dan patut diperjuangkan untuk menang,” ujar Joshua.

Terkait ke mana akan berlabuh, lanjut Joshua, Demokrat masih akan melakukan pembahasan secara intensif dengan beberapa pihak intern partai berlogo Mercy itu.

”Kegiatan rakorcab kali ini sekaligus sebagai ajang untuk memgevaluasi kepengurusan PAC (pimpinan anak cabang) Partai Demokrat yang ada di 33 kecamatan di Kabupaten Malang. Harapannya, dengana adanya evaluasi bersama, maka pengurusnya bisa berjuang bersama dan bergerak bersama untuk kepentingan masyarakat, terutama saat menjelang tahun pilkada seperti saat ini,” ungkap dia.

Rakorcab yang diadakan di Kantor DPC Partai Demokrat di Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang, ini turut dihadiri seluruh elemen dari PAC se-Kabupaten Malang. Mulai dari sekretaris, bendahara, hinga ketua PAC.

Selain itu, beberapa petinggi partai turut menghadiri rakorcab tersebut. Di antaranya Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Malang Ir H Ghufron Marzuqi, Ketua Organisasi Kaderisasi dan Keanggotaan (OKK) DPD (Dewan Pengurus Daerah) Partai Demokrat Jawa Timur (Jatim) Agus Dono Wibawanto, serta Direktur Eksekutif DPD Partai Demokrat Jatim Agus Syamsudin. Bahkan Bupati Malang HM. Sanusi juga tampak menghadiri rakorcab.

”Hari ini 100 persen pengurus PAC Partai Demokrat hadir. Apa pun kondisinya, kita tetap bersatu. Walau hanya satu kursi di dewan, tapi semua partai menunggu kita. Artinya, Partai Demokrat jadi pertimbangan dalam pilkada 2020,” tegas Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Malang Ir H Ghufron Marzuqi.

Senada dengan Joshua, Ghufron mengaku, dalam rakorcab kali ini, fokus utama yang akan dibahas adalah penentuan sikap ke mana Demokrat bakal berlabuh. ”Hari ini kita akan segera menentukan sikap politik kita terhadap Pilkada Kabupaten Malang tahun 2020. Deadline-nya bulan depan. Paling akhir bulan 3 (Maret 2020),” tutup Ghufron.