Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Olahraga

Stadion Kanjuruhan Layak Gelar Kompetisi Liga 1, Tapi...

Penulis : Hendra Saputra - Editor : Nurlayla Ratri

08 - Feb - 2020, 08:51

Stadion Kanjuruhan saat digunakan menggelar pertandingan Liga 1 2019. (Foto: Hendra Saputra/MalangTIMES)
Stadion Kanjuruhan saat digunakan menggelar pertandingan Liga 1 2019. (Foto: Hendra Saputra/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Stadion Kanjuruhan dinyatakan layak untuk menggelar kompetisi Liga 1 2020. Hal itu muncul setelah perwakilan PT Liga Indonesia Baru (LIB) sebagai operator kompetisi sepak bola di Indonesia melakukan verifikasi.

Media officer Arema FC, Sudarmaji mengatakan bahwa proses verifikasi yang dilakukan cukup lama karena menyangkut seluruh aspek yang ada di Stadion Kanjuruhan.

Baca Juga : Kontroversi, Prestasi, hingga Mundurnya Ratu Tisha dari Sekjen PSSI

Diakui Sudarmaji, proses yang dilakukan cukup lancar meski sempat terkendala hujan yang mengguyur kawasan stadion. Tapi kondisi hujan tersebut juga dimanfaatkan untuk mengecek kondisi lampu.

Ternyata dari total 140 bola lampu, 25 di antaranya dalam keadaan mati. Dari pengukuran cahaya yang dihasilkan, lampu tersebut menghasilkan 901 lux. Jika menurut standar Liga 1 sebenarnya sudah masuk kriteria karena minimal adalah 800 lux.

"Kalau standar minimal lampu stadion di Liga 1 adalah 800 lux, tapi standar pertandingan internasional adalah 1200 lux. Kekurangannya tingkat penyebaran cahaya lampu kurang merata, dan disarankan kepada pengelola Stadion Kanjuruhan agar mengganti lampu yang padam dan penataan kembali pemerataan cahayanya," ungkap Sudarmaji.

Selain lampu, PT LIB juga mengecek beberapa infrastruktur lain di Stadion Kanjuruhan. Beberapa saran perbaikan juga dikeluarkan untuk pengelola Stadion Kanjuruhan.

Baca Juga : Libur Karena Covid-19, Kiper Persita Mulai Bosan

Di antaranya ruang mini ICU di sisi selatan yang dikhususkan untuk para suporter. Selama ini, hanya ada satu mini ICU di sebelah utara dekat musholla VIP, yang kini dikhususkan untuk pemain.

"Secara umum, fasilitas di stadion ini sudah sangat layak untuk menggelar laga Arema di Liga 1. Hanya saja, disarankan untuk disempurnakan lampu. Selain itu, beberapa akses tim menuju ruang ganti juga perlu ditutup untuk memberikan proteksi terhadap tim," tegasnya.
 


Topik

Olahraga malang berita-malang Stadion-Kanjuruhan Kompetisi-Liga-1-2020 Arema-FC PT-Liga-Indonesia-Baru


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Hendra Saputra

Editor

Nurlayla Ratri