Rekaman CCTV saat pelaku melancarkan aksi pencurian (Foto : Istimewa)
Rekaman CCTV saat pelaku melancarkan aksi pencurian (Foto : Istimewa)

MALANGTIMES - Warganet kembali dihebohkan dengan kasus pencurian yang terjadi di wilayah Kabupaten Malang. Dalam rekaman CCTV (Closed Circuit Television) yang beredar di media sosial (medsos), pelaku mampu membawa kabur barang hasil curian hanya dalam kurun waktu kurang dari 1 menit.

”Seng ero ciri-ciri maleng iki, gowo shogun 125 biru putih, helm abang, gondrong wes umur, langsung pm tak kek i imbalan. Seng ero langsung pm ae, privasi terjamin (Yang tahu ciri-ciri maling ini, mengendarai motor shogun 125 warna biru putih, mengenakan helm warna merah, berambut panjang, sudah tua. Langsung PM (Privat Messages) saya beri imbalan. Privasi terjamin),” tulis akun bernama Bongkreng Sak Karepe Dewe kedalam salah satu grub facebook di wilayah Malang Raya tersebut.

Baca Juga : Aktor Senior Tio Pakusadewo Kembali Ditangkap karena Kasus Narkoba

Berdasarkan keterangan yang diperoleh wartawan, aksi pencurian ini terjadi pada Jumat (7/2/2020) siang. Tepatnya sekitar pukul 12.30 WIB. Sedangkan barang yang dicuri adalah satu unit smartphone milik Bambang warga Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang.

”HP (handphone) yang dicuri itu milik sopir saya, kejadiannya pas kami ngirim barang,” kata teman korban, Lutfianto, yang memposting rekaman CCTV aksi pencurian ke media sosial, Jumat (7/2/2020).

Lutfianto menjelaskan, sesaat sebelum kejadian pencurian, dia dan Bambang sempat memarkirkan truk yang dikendarainya di depan toko alat tulis, yang berlokasi di Desa Ngijo, Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang.

”Kami bekerja di jasa ekspedisi, nah pas kejadian saya sedang menurunkan barang kiriman,” terang Lutfianto saat dikonfirmasi wartawan.

Warga Kedungkandang, Kota Malang ini menduga, saat sedang fokus menurunkan barang kiriman itulah pelaku pencurian melancarkan aksinya. Ketika situasi aman, hanya dalam kurun waktu kurang dari 1 menit pelaku sudah berhasil membawa kabur HP milik korban.

”Padahal saat kejadian saya sedang ada disekitar lokasi, kan pas menurunkan barang. Tidak sampai lama, setelah menurunkan paketan kami langsung masuk kedalam kendaraan untuk mengantarkan paketan lainnya,” sambung Lutfianto.

Baca Juga : Tulis "Bubarkan Negara", 10 Orang Ini Diciduk Polisi

Dari rekaman CCTV, pria yang saat itu mengenakan celana panjang dan jaket warna gelap, nampak memarkirkan sepeda motornya tepat didepan truk yang dikemudikan korban. Setelah melepas helm, pelaku kemudian membuka pintu truk.

Dari gerak-geriknya, pria paruh baya tersebut kelihatan sangat cekatan. Bahkan sepintas terlihat seolah pelaku paham di mana tempat barang berharga diletakkan. Setelah mendapat barang curian, pelaku kembali ke sepeda motornya yang kemudian kabur.

”Pas habis ngirim barang, pintu truk dalam keadaan terbuka dan beberapa surat faktur pengiriman barang berserakan di dalam kabin. Semula tidak sadar, tapi pas mau ngecek nomor pelanggan kok HP nya tidak ada,” keluh Lutfianto.

Semula keduanya sempat mengira jika HP-nya ketinggalan. Namun setelah putar balik ke lokasi kejadian, dan mengecek rekaman CCTV barulah Lutfianto dan Bambang sadar jika HP milik korban ternyata dicuri.

”Sampai saat ini belum lapor polisi, sebenarnya harganya tidak seberapa. Tapi yang penting itu nomor pelanggan yang ada di HP itu,” tutup Lutfianto.