Bangunan cucian mobil dekat pintu exit Seksi V Tol Mapan yang masih berdiri jelang pengoperasian Seksi V Tol Mapan (Pipit Anggraeni/MalangTIMES).
Bangunan cucian mobil dekat pintu exit Seksi V Tol Mapan yang masih berdiri jelang pengoperasian Seksi V Tol Mapan (Pipit Anggraeni/MalangTIMES).

MALANGTIMES - Satu bangunan berupa cucian mobil yang berdekatan dengan pintu exit seksi V Madyopuro Tol Malang-Pandaan masih bertahan. Kondisi itu dikeluhkan lantaran sangat mengganggu arus lalu lintas di kawasan tersebut. 

Baca Juga : Keluarkan Surat Edaran, Mulai Besok Bupati Malang Minta Warga Tidak Keluar Rumah

Sehingga, pihak Jasa Marga pun meminta agar ada upaya untuk menyelesaikan hal tersebut sebelum tol beroperasi.

Wali Kota Malang Sutiaji menyampaikan, langkah hukum akan diambil untuk mengatasi satu bangunan tersebut. Lantaran proses negoisasi yang dilakukan beberapa kali masih belum menemukan hasil dan titik terang. Sehingga, Pemkot Malang sepenuhnya akan menyerahkan kondisi itu secara hukum.

"Besok kami akan kumpulkan pihak kepolisian dan kejaksaan untuk membahas cucian mobil tersebut," kata Sutiaji, Kamis (6/2/2020).

Dia menyampaikan, pemilik rumah sudah tak memiliki hak atas tanah tersebut. Hal itu sebagaimana dijelaskan dalam sertifikat dari Badan Pertanahan Nasional (BPN). Sehingga harus segera diambil langkah untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.

"Kami sudah beberapa kali meminta agar bersedia menyerahkan secara sukarela, tapi belum juga," imbuh dia.

Baca Juga : Polisi Akui Kejahatan Jalanan Kota Malang Meningkat Usai Program Asimilasi

Sementara itu, dalam pantauan MalangTIMES, area di kawasan bangunan cuci mobil tersebut selalu padat dan macet. Pasalnya, kendaraan yang melaju harus berbelok sedikit ke jalur yang berbeda. Sehingga membuat adanya penumpukan kendaraan lantaran kendaraan dari arah yang berlawanan harus turut mengantre.

Kondisi itu sebelumnya juga dikeluhkan PT Jasa Marga Pandaan-Malang. Pasalnya, kondisi itu cukup menganggu arus lalu lintas. Sementara pengoperasian Seksi V Tol Mapan di Madyopuro itu ditargetkan segera terlaksana. Pihak PT Jasa Marga Pandaan-Malang pun berharap agar bangunan sudah dibenahi sebelum exit Madyopuro dibuka.