Kampus Universitas Brawijaya (UB) Malang. (Foto istimewa)
Kampus Universitas Brawijaya (UB) Malang. (Foto istimewa)

MALANGTIMES - Kebijakan Kampus Merdeka Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI memberikan kemudahan bagi perguruan tinggi negeri (PTN) yang berminat untuk dibantu menjadi perguruan tinggi negeri berbadan hukum (PTN BH).

Permendikbud Nomor 4 Tahun 2020 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 88 Tahun 2014 tentang Perubahan Perguruan Tinggi Negeri menjadi Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum menyebutkan bahwa salah satu kemudahannya yaitu memberikan kesempatan bagi PTN berakreditasi A (unggul) dan B (baik sekali) untuk menjadi badan hukum.

Jika peraturan sebelumnya mensyaratkan 80% prodi di PTN harus terlebih dahulu terakreditasi A, maka menurut Permendikbud Nomor 4 Tahun 2020, PTN yang 60% program studinya sudah terakreditasi A dapat mengajukan menjadi PTN BH.

Masih menurut permendikbud tersebut, "gerak" yang lebih leluasa juga disebutkan dalam hal prakarsa untuk mengubah PTN menjadi PTN badan hukum. Pada aturan sebelumnya, prakarsa untuk mengubah PTN menjadi PTN BH hanya berasal dari menteri. Sekarang menteri atau PTN bisa menjadi pemrakarsanya asalkan perguruan tinggi yang bersangkutan telah memenuhi persyaratan sesuai dengan ketentuan.

Di Kota Malang, perguruan tinggi yang sedang serius menuju ke status PTN BH adalah Universitas Brawijaya (UB). Rektor UB Prof Dr Ir Nuhfil Hanani AR MS menargetkan, status UB sebagai PTN akan beralih menjadi PTN BH pada pertengahan tahun 2020 ini.

"Kalau saya memperkirakan mungkin pertengahan tahun ini UB sudah menjadi PTN BH. Tinggal menunggu PP saja dari pemerintah," kata dia.

Segala persyaratan PTN BH sudah dijalankan oleh UB. Mulai dari pembentukan badan usaha, pembuatan statuta UB menjadi PTN BH, hingga menghimpun dana abadi dari ikatan alumni UB.

"Kami memiliki dana abadi itu. Sudah lebih dari Rp 200 miliar yang dikelola oleh Yayasan Dana Pengembangan Alumni UB," ungkapnya.

UB sendiri sudah membentuk dua badan usaha. Yakni Badan Usaha Akademik (BUA) dan Badan Usaha Non-Akademik (BUNA).

"Meskipun kami belum menjadi PTN BH, namun Universitas Andalas, Padang, itu melakukan study tour ke UB. Mereka belajar persiapan menjadi PTN BH," timpal Nuhfil.

Untuk diketahui, sampai saat ini sudah ada 11 PTN  di Indonesia yang statusnya PTN BH. Anrara lain Universitas Indonesia (UI), Universitas Airlangga (Unair), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Diponegoro (Undip), Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Hasanuddin (Unhas), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Universitas Padjadjaran (Unpad), Universitas Gadjah Mada (UGM), dan Universitas Sumatera Utara (USU).

"Saya optimistis UB akan jadi PTN BH karena mendikbud yang sekarang juga mendorong kampus-kampus untuk akselerasi menjadi PTN BH," pungkasnya.