Rangga Bisma Aditya
Rangga Bisma Aditya

MALANGTIMES - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Blitar terus melakukan terobosan dalam rangka meningkatkan partisipasi pemilih pemula di Kota Blitar. Salah satunya dengan menjalin kerjasama dengan tiga kampus asal Malang yakni Universitas Brawijaya, Universitas Negeri Malang dan Universitas Muhammadiyah Malang.

“Tujuan kerjasama dilakukan untuk meningkatkan partisipasi pemilih muda, terutama mahasiswa asal Kota Blitar yang saat ini kuliah di tiga kampus itu,” ungkap Komisioner KPU Kota Blitar, Rangga Bisma Aditya dilansir BLITARTIMES dari laman situs resmi Pemkot Blitar, Rabu (5/2/2020).

Baca Juga : Ini Jawaban Ustaz Yusuf Mansur saat Ditanya Apakah Dukung Anies Baswedan Maju Pilpres 2024

Dikatakan Rangga, bentuk kerjasama yang dijalin KPU Kota Blitar dengan tiga kampus itu diantaranya sosialisasi, talkshow, iklan dan izin. Untuk sosialisasi, tim dari KPU Kota Blitar secara langsung akan mengumpulkan seluruh mahasiswa Kota Blitar di masing - masing kampus atas rekomendasi rektor untuk menggelar sosialisasi Pilwali 2020, termasuk menggelar talkshow bersama UB TV secara berkala dengan konten Pilwali Kota Blitar 2020 termasuk tahapannya.

Rangga menambahkan, untuk memastikan materi sosialisasi dan talkshow bisa diterima mahasiswa berkelanjutan, pihaknya juga memasang iklan sosial media di UB TV. Termasuk berkoordinasi dengan rektor tiga kampus, untuk meminta izin atau dispensasi karena pelaksanaan PKKMB di tiga kampus itu bersamaan dengan hari pencoblosan Pilwali 2020, Rabu, (23/09/2020). Sehingga seluruh mahasiswa Kota Blitar bisa pulang dan ikut mencoblos.

Diharapkan empat bentuk kerjasama yang dijalin KPU Kota Blitar bersama tiga kampus di Malang, diharapkan bisa terealisasi antara Bulan Februari sampai Bulan Maret 2020.

“Kita sudah bergerak dan sudah berkoordinasi dengan tiga kampus itu, tetapi memang perlu kerja keras untuk meyakinkan rektor, setidaknya kita optimis bisa, sebagai upaya kita mendongkrak tingkat partisipasi pemilih,” paparnya.(*)