Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Janji Bupati Sanusi, Rp 1,3 Miliar Bosda Madrasah Siap Dikucurkan

Penulis : Dede Nana - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

05 - Feb - 2020, 13:19

Janji Bupati Malang Sanusi terkait bosda untuk madrasah siap dikucurkan tahun 2020 ini. (Humas Pemkab Malang)
Janji Bupati Malang Sanusi terkait bosda untuk madrasah siap dikucurkan tahun 2020 ini. (Humas Pemkab Malang)

MALANGTIMES - Tahun 2020, beberapa janji Bupati Malang Sanusi siap direalisasikan untuk melunasi berbagai kewajibannya sebagai pimpinan di wilayah terluas kedua di Jawa Timur (Jatim). 

Baca Juga : Target Agustus, Mal Pelayanan Publik Kota Malang Dimungkinkan Molor

Khususnya terkait bantuan anggaran untuk bidang pendidikan yang jadi salah satu fokusnya tahun ini. Yakni, bantuan operasional sekolah daerah (bosda) yang tak hanya untuk sekolah dasar dan menengah, tapi juga untuk sekolah di bawah naungan Kementerian Agama, yaitu madrasah se-Kabupaten Malang.

Bosda untuk madrasah tahun ini sempat diramaikan dengan beredarnya petunjuk teknis pada November 2019 lalu. Bosda hanya dialokasikan untuk SD dan SMP  tanpa ada peruntukan bagi madrasah. 

Hal itu akhirnya terbantahkan dengan masuknya anggaran bosda untuk madrasah dengan nilai Rp 1,3 miliar atau tepatnya Rp 1.349.970.000 pada tahun 2020. Baik untuk  MI dan MTs se-Kabupaten Malang. 

"Bosda untuk semua sekolah yang ada di Kabupaten Malang. Tak ada yang kami beda-bedakan, baik yang negeri maupun swasta dan juga madrasah," ucap Sanusi, Rabu (5/1/2020).

Bukan hanya itu. Bosda pun dialokasikan untuk pendidikan anak usia dini (PAUD) dengan anggaran Rp 15.608.160.000. "Pemkab Malang berkomitmen untuk sektor pendidikan. Jadi, tentunya tak kami beda-bedakan untuk itu. Ini sebagai bentuk dukungan agar kualitas pendidikan juga ikut naik dan membantu masyarakat di Kabupaten Malang," ujar Sanusi.

Baca Juga : Bansos untuk Warga Terdampak Covid-19 Mulai Disalurkan, Pemkot Malang Buat Skema Baru

Terpisah, pernyataan Sanusi ini pun dibenarkan oleh Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Malang Muslimin. Politisi PKB ini mengatakan, bosda siap dikucurkan tahun 2020 ini.

"Anggaran sudah masuk dalam APBD tahun ini. Sehingga siap untuk direalisasikan. Tapi untuk bosda madrasah, masih menunggu SOP (standard operational procedure) pencairan karena berhubungan dengan Kemenag," ujarnya.

Pencairan bosda untuk madrasah membutuhkan koordinasi antara Pemkab Malang dan Kemenag terlebih dahulu. Sehingga nantinya tak ada persoalan hukum dan bisa berjalan sesuai aturan.
Muslimin juga menegaskan, bila SOP pencairan Bosda madrasah sudah ada, tentunya pencairan bisa segera direalisasikan. "Tunggu SOP pencairan. Setelah ada, bisa segera direalisasikan," tandasnya.

 


Topik

Pemerintahan malang berita-malang malang-hari-ini janji-Bupati-Malang-Sanusi bantuan-operasional-sekolah-daerah Janji-Bupati-Malang-Sanusi-terkait-bosda sekolah-dasar-dan-menengah Sanusi


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Dede Nana

Editor

Sri Kurnia Mahiruni