Wakil Rektor III, Dr Joice Soraya saat memberikan sambutan pada kegiatan LKMMTD di Unikama (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)
Wakil Rektor III, Dr Joice Soraya saat memberikan sambutan pada kegiatan LKMMTD di Unikama (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) melatih dan mengasah kemampuan manajerial para pengurus baru Organisasi Kehamasiswaan (Ormawa) Unikama yang baru saja dilantik. 

Hal tersebut dilakukan Unikama dalam Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa Tingkat Dasar (LKMMTD) Organisasi Kemahasiswaan Unikama (4/2/2020).

Baca Juga : Belajar dari Rumah Lewat TVRI Mulai Hari Ini, Intip Jadwalnya Yuk!

Kepala Biro Administrasi Kemahasiswaan (BAK) Ayu Asmah, M.Pd, menjelaskan, jika dengan adanya LKMMTD ini, diharapkan para pengurus Ormawa bisa semakin maju melakukan perubahan pada unit-unit mereka dengan sistem manajerial yang lebih baik.

"Karena selama ini kan mungkin mereka hanya copy paste dari kakak-kakaknya terdahulu. Hari ini mereka benar-benar digembleng bagaimana prosedurnya membuat program kerja, membuat kepanitiaan, mengatur keuangan," ungkapnya.

"Selain itu, untuk materi kali ini juga ada keprotokoleran, bagaimana menyambut tamu, bagaimana membuat sebuah acara yang baik," tambahnya.

Untuk para peserta sendiri, tidak semua pengurus Ormawa ikut dalam LKMMTD, hanya beberapa perwakilan yang mengikuti kegiatan ini. Diharapkan setelah ini, pera perwakilan bisa mengaplikasikan dan menularkan kepada teman-temannya yang lain.

"Ini perwakilan dari semua Ormawa. Jadi sekarang yang ikut ada 111 orang. UKM masing-masing dua, selebihnya tiga-tiga semua," paparnya.

Wakil Rektor III Dr. Joice Soraya, juga mengatakan hal yang senada dengan Kepala BAK. Ia menjelaskan jika kegiatan ini bertujuan untuk bagaimana para pengurus Ormawa bisa menyusun program-progam yang baik, serta manajerial segala hal yang ada pada masing-masing  Ormawa.

"Kiat-kiat bagaimana melakukan evaluasi kerja, bagaimana membuat sebuah kegiatan yang memiliki nilai kekinian kemudian bagaimana menyusun program dengan dana terbatas tetapi bisa berjalan dengan baik. Kemudian kita bantu mereka untuk bagaimana berinovasi," jelasnya.

Baca Juga : Siswa yang Tak Punya Akses Internet Mulai Senin Belajar Lewat TVRI

Sementara itu pemateri dari Institut Teknologi Sepuluh November, Budi menjelaskan jika materi yang akan diberikan pada pengurus Ormawa adalah mengenai bagaimana memanage sebuah unit kegiatan.

"Untuk memenuhi kegiatan materi, mereka harus paham mengenai analisis lingkungan, sudah mulai melacak apa kebutuhan dari kegiatan, serta melakukan rumusan awal, melakukan penjabaran dan berlanjut pada penetapan sebuah rencana kegiatan. Di sini juga harus ditunjukkan tolok ukur keberhasilan kegiatan," jelasnya.

Dari situ kemudian melakukan rancangan bentuk kepanitiaan rancangan, time schedule dan jika semuanya sudah dilakukan, kemudian dilakukan penetapan. Langkah selanjutnya adalah masuk pada rancangan kegiatan.

"Nah sebelum itu, dalam memanage sebuah unit kegiatan juga harus menguasai atau bisa manajemen konflik. Karena dalam perjalanannya, tentunya hal tersebut tidak menutup kemungkinan terjadi," pungkasnya.