Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Permudah DPRD, Pemkot Batu Buatkan E-Pokir

Penulis : Irsya Richa - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

02 - Feb - 2020, 15:41

Anggota DPRD Kota Batu saat dilantik di Gedung DPRD Kota Batu beberapa saat lalu.
Anggota DPRD Kota Batu saat dilantik di Gedung DPRD Kota Batu beberapa saat lalu.

MALANGTIMES - Dirasa mekanisme pokok-pokok pikiran (pokir) kurang maksimal, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Batu melakukan terobosan baru. Terobosan itu adalah E-Pokir yang ditujukan untuk memudahkan anggota DPRD Kota Batu.

Baca Juga : Dinsos-P3AP2KB Salurkan Bantuan bagi 1.666 Warga Miskin

E-Pokir saat ini sedang dalam tahapan pembuatan website. Nanti website itu untuk menampung aspirasi anggota DPRD Kota Batu.

“Saat ini masih dalm pengerjaan. Sudah kami sampaikan dan masukan kami terima supaya optimal,”  ungkap Kepala Bappeda Kota Batu M. Chori. ”Jadi, nantinya masing-masing anggota DPRD  bisa memberikan aspirasinya atau masukannya yang didapat dari masyarakat secara online,” imbuhnya.

Tidak hanya bisa dimanfaatkan para anggota DPRD Kota Batu. Warga pun bisa melihat apa yang ada di dalam website tersebut. Sehingga masyarakat juga bisa mengawasi dan menyaksikan apa saja aspirasi yang telah ditulis di sana.

Jika E-Pokir selesai digarap, anggota DPRD Kota Batu  bisa mengakses scara individu. Ya setiap anggota mendapat satu user name dan password.

Baca Juga : Jokowi Minta Pemda Pangkas Belanja yang Tidak Prioritas untuk Penanganan Covid-19

Terpisah, Wakil I DPRD Kota Batu Nur Rochman menyebutkan, hadirnya E-Pokir dapat memudahkan proses distribusi data bersumber dari aspirasi masyarakat kepada Pemkot Batu. Aspirasi masyarakat itu bisa melalui reses atau musrenbang yang disampaikan terlebih dulu kepada anggota DPRD Kota Batu.

“Tentunya ini menjadi keterbukaan informasi. Perihal semua kegiatan pemerintah daerah bisa diakses oleh masyarakat. Keberadaan E-Pokir ini akan mempermudah tugas-tugas legislatif secara administrasi,” ucapnya.


Topik

Pemerintahan batu berita-batu Pemkot Batu Bappeda Kota Batu M. Chori E-Pokir DPRD Kota Batu


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Irsya Richa

Editor

Sri Kurnia Mahiruni