Pemain Arema FC saat mendapatkan instruksi dari Mario Gomez. (Foto: Official Arema FC)
Pemain Arema FC saat mendapatkan instruksi dari Mario Gomez. (Foto: Official Arema FC)

MALANGTIMES - Pergelaran Piala Gubernur Jawa Timur (Jatim) 2020 merupakan pertaruhan bagi Mario Gomez sebagai pelatih Arema FC. Terlebih, Malang juga menjadi salah satu tuan rumah penyelenggaraan turnamen tersebut. 

Sebagai tuan rumah, tentu diuntungkan dengan lokasi laga yang juga merupakan home base Arema FC, yakni Stadion Kanjuruhan. Secara veneu, tim Singo Edan sudah akrab dan tak perlu banyak beradaptasi. Hal tersebut merupakan satu nilai plus yang bisa menjadi peluang bagi anak-anak asuhan Mario Gomez.

Ada tiga pertandingan yang harus dijalani tim Singo Edan dalam turnamen pra musim yang diikuti total 8 tim tersebut. Dalam perjalanan di turnamen Piala Gubernur Jatim 2020, Singo Edan akan menghadapi Persija Jakarta, Persela Lamongan dan Sabah FC (Liga Malaysia). 

Dilihat dari materi pemain masing-masing tim, tentunya Arema FC harus berupaya keras untuk meraih hasil maksimal. Pasalnya, banyak pemain bintang di Indonesia yang turut andil dalam gelaran pra musim ini.

Menghadapi tim selevel dengan jadwal padat merupakan pre season yang harus dihadapi oleh Arema FC. Karena biasanya jadwal kompetisi Liga 1 2020 juga memiliki jadwal padat bahkan harus menjalani laga away keluar kota.

Namun meski dua hari sekali menjalani pertandingan, asisten pelatih Arema FC Charis Yulianto mengaku hal ini sangat bagus bagi timnya. Karena selain mengeratkan hubungan sesama pemain, juga bisa digunakan tolak ukur sejauh mana Dendi Santoso dkk menerapkan keinginan pelatih kepala Mario Gomez.

"Saya kira untuk jadwal tidak ada masalah, yang jelas ini bagus untuk tim. Karena sudah ada tim selevel yang akan dihadapi," ujar Charis.

Di sisi lain, Mario Gomez berharap dengan adanya turnamen pra musim ini pemainnya bisa maksimal dalam menjalani pertandingan. Karena hal itu akan berpengaruh kepada permainan tim di kompetisi Liga 1 2020 yang rencananya digelar 29 Februari.

"Saya harap semua pemain maksimal dalam latihan, dan mengasah kemampuan dalam uji coba nantinya," kata Mario Gomez.

Sementara itu, manajemen Arema FC melalui Media Officer Sudarmaji mengaku sangat terbuka dengan penunjukan tuan rumah Piala Gubernur Jatim 2020 ini. "Nanti setiap harinya ada dua pertandingan, kick off pukul 15.30 WIB dan 19.00 WIB," kata Sudarmaji.

Dua hari usai babak penyisihan di Malang dan Madura. Piala Gubernur Jatim akan memasuki babak semifinal pada 17 Februari dan final pada 20 Februari. "Setiap grup diambil juara dan runner up (ke semifinal)," pungkasnya.