Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Setelah Surabaya, Giliran Jalanan Kota Malang Bakal Diawasi Kamera ETLE

Penulis : Anggara Sudiongko - Editor : Nurlayla Ratri

01 - Feb - 2020, 07:39

Kasat Lantas Polresta Malang Kota, AKP Priyanto SH, SIK. (Foto: Anggara Sudiongko/MalangTIMES)
Kasat Lantas Polresta Malang Kota, AKP Priyanto SH, SIK. (Foto: Anggara Sudiongko/MalangTIMES)

MALANGTIMES -  Pengendara yang melintas di Kota Malang harus lebih tertib lagi saat berkendara. Jika tidak, maka jangan kaget jika tiba-tiba saja terdapat kiriman surat tilang ke rumah anda.

Tahun 2020 ini, Satlantas Polresta Malang Kota, bakal segera menerapkan Sistem Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) disejumlah ruas jalan di Kota Malang. Kamera ETLE akan terpasang secara tersembunyi untuk mengawasi masyarakat atau pengendara yang memang tak tertib berlalu lintas.

Baca Juga : Viral Surat Stafsus Jokowi untuk Camat, Dicoreti Bak Skripsi hingga Berujung Minta Maaf

"Ya benar tahun ini segera diterapkan baik di Kota maupun Kabupaten (Malang), Surabaya di Jawa Timur sebagai pilot project ETLE ini," beber Kasatlantas Polresta Malang Kota, Kompol Priyanto.

Mengenai kamera yang akan dipasang secara tersembunyi, salah satunya bertujuan untuk melihat seberapa jauh ketertiban dan kesadaran masyarakat dalam berkendara di jalan raya.

Kamera tersebut nantinya dapat merekam gambar pengendara yang melanggar hingga memfoto pengendara yang tak menggunakan sabuk pengaman di dalam mobil. Dengan kamera ETLE, pengawasan selama 24 bisa dilakukan.

"Tentunya ini ya berguna juga mengetahui kesadaran masyarakat dalam berlalu lintas. Selain itu, mereka kan nggak tau terpasang kamera, kalau tau kadang akan suka ada yang pura-pura tertib. Namun kita akan beri tanda kalau di wilayah ini atau dijalan ini dipasang CCTV. Misalnya di jalur Kawasan Tertib Lalu Lintas (KTL) dan tempat tempat lainnya,"ungkapnya

Baca Juga : Viral Video Warga Beri Semangat kepada Pasien Positif Covid-19

Mengenai persiapan sistem ETLE tersebut, pihaknya juga telah berkomunikasi dengan Pemkot Malang serta melakukan rapat koordinasi dengan Forum Lalu Lintas Kota Malang.

"Sebentar lagi kami akan bahas dengan Forum Lalu Lintas. Hal ini kan juga mendukung terwujudnya kota Malang sebagai Smart City," jelasnya.


Topik

Peristiwa malang berita-malang Kasat-Lantas-Polresta-Malang-Kota -AKP-Priyanto-SH -SIK Kamera-ETLE-di-Jalanan-Kota-Malang Electronic-Traffic-Law-Enforcement project-ETLE


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anggara Sudiongko

Editor

Nurlayla Ratri