Ilustrasi, net
Ilustrasi, net

MALANGTIMES - Kabar penyebaran virus Corona yang semakin meluas di Wuhan, Tiogkok juga menjadi momok di kalangan masyarakat. Bahkan, kabar itu sempat menyebar di perpesanan WhatsApp yang mengatakan jika asa satu pasien terjangkit virus mematikan itu dan dirawat di RSUD dr Iskak Tulungagung.

"Pah, keluarga tulungagung harap hati2, sudah ada 1 pasien yg masuk RS. Iskak Tulungagung diagnosis sementara yg corona virus itu memang riwayat perjalanan dari China. Dapet kabar barusan dari dokter paru yg di rs Iskak" demikian pesan itu ditulis dan di-share berbagai group WhatsApp.

Menanggapi hal itu, Sujianto Kasi Pelayanan dan Pengendalian RSUD dr Iskak Tulungagung membantah dan menyatakan jika pesan itu hoaks. "Tidak ada pasien corona, saya pulang sudah sore ini. Tidak ada laporan pasien corona, itu hoaks," kata Sujianto Selasa (28/01) malam.

Menurut Sujianto, pihak RSUD dr Iskak sudah mengambil langkah antisipatif dan bentuk kesiagaan. "Tadi sudah disampaikan pak direktur ketika ada beberapa media meminta konfirmasi, jadi kita sudah siap atau siaga," jelasnya.

Lanjutnya, rumah sakit berplat merah dan mendapat penghargaan dunia itu telah memiliki fasilitas yang baik dengan fasilitas yang ada, pihaknya menyatakan jika tidak ada masalah. "Mulai dari ruang isolasi hingga fasilitas lain sudah siap meski tidak ada Corona, jadi intinya kita tidak hanya masalah corona tapi pasien lain juga kita layani sama," paparnya. 

Rumah sakit Dr Iskak Tulungagung telah mengimbau kepada masyarakat yang baru pulang dari luar negeri, dalam kurun hitungan empat belas hari lalu untuk mawas diri dan cek kesehatan. "Untuk orang yang baru pulang sekitar 14 hari kita minta cek, nanti akan diketahui apakah ada penularan atau tidak," tambah Sujianto.

Jika ada indikasi penyakit corona, pihaknya mengirim sampel virus yang ditemukan ke Litbang kesehatan dan dalam waktu 3 sampai hari 4 hari dapat diketahui. "Selama sampel dikirim, pasien tetap kita jaga atau distabilkan," ujarnya.

Penyakit corona menurut Sujianto mirip dengan gejala flu pada umumnya, seperti pusing, sesak dan gejala lain yang butuh ditangani dan di cek lebih lanjut. "Jika ada gejala sperti itu, segera ke Puskesmas atau hubungi rumah sakit untuk kita jemput," pungkasnya.