Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Implementasi Kartu Kredit Pemerintah di Malang Raya Minim Peminat, Masih Ragukan Vendor?

Penulis : Arifina Cahyati Firdausi - Editor : Lazuardi Firdaus

28 - Jan - 2020, 15:23

Ilustrasi kartu kredit (Foto: Istimewa)
Ilustrasi kartu kredit (Foto: Istimewa)

MALANGTIMES - Rupanya warga Malang Raya kurang tertarik menggunakan kartu kredit. Pasalnya penggunaan kartu kredit pemerintah (KKP) di wilayah Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPNN) Malang dinilai masih minim peminat.

Bagaimana tidak, sejak diberlakukan kebijakan penggunaan KKP pada 1 Juli 2019 lalu dari total 165 satuan kerja (satker) di Malang Raya dan Pasuruan baru terdata 33 saja yang mengimplementasikannya. Artinya, hanya sekitar 25-30 persen saja. Padahal, jumlah satker yang diwajibkan menggunakan KKP ditargetkan mencapai 125. 

Kepala KPPN Malang, Teddy mengatakan dari jumlah tersebut, satker pengguna alokasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) terus didorong untuk segera mengimplementasikan program KKP. "Saat ini baru sekitar 25-30 persen dari target yang tercapai. Ini yang terus kami dorong, agar satker yang belum menggunakan KKP bisa mengimplementasikan kebijakan ini," imbuhnya.

Beberapa kendala dijelaskannya turut ambil andil dalam kurangnya penerapan kebijakan ini. Seperti, terkait dengan administrasi bank yang dari empat bank hanya satu yang menjadi pilihan prioritas pengguna.

Kemudian perihal vendor yang dinilai banyak mencari keuntungan dengan menarik biaya tambahan ketika satker berbelanja menggunakan KKP. Sehingga membuat pengguna menjadi ragu untuk mengimplemantasikan KKP dalam sistem bayar membayar kebutuhan mereka.

"Penggunaan bank mayoritas ini akhirnya berdampak pada proses kelengkapan administrasi. Kemudian vendor ini kami berupaya untuk mendata kembali dari 33 KKP yang pakai, mana vendor yang bagus itu kan jadi referensi satker lain yang akan menggunakan kartu kredit," tandasnya.


Topik

Pemerintahan malang berita-malang malang-hari-ini penggunaan-kartu-kredit-pemerintah Pelayanan-Perbendaharaan-Negara-Malang Implementasi-Kartu-Kredit-Pemerintah-di-Malang-Raya


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Arifina Cahyati Firdausi

Editor

Lazuardi Firdaus