Ilustrasi virus corona (Foto: Istimewa)
Ilustrasi virus corona (Foto: Istimewa)

MALANGTIMES - Merebaknya virus corona atau coronavirus n-CoV novel yang menyerang warga di Wuhan, China, membuat panik hampir seantero dunia. Bagaimana tidak, sejak muncul pada akhir 2019 lalu, virus ini dengan cepat menyebar ke berbagai negara, seperti Jepang, Thailand, Hongkong, Singapura, Amerika Serikat, dan Vietnam.

Bahkan, di China sendiri munculnya virus ini telah menyebabkan beberapa penderitanya meninggal dunia. Kejadian ini membuat Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) bahkan meminta semua negara siaga satu atas virus ini dan melakukan pencegahan.

Meski di Kota Malang belum terdeteksi akan munculnya virus tersebut, segala kewaspadaan dan pencegahan tetap harus dilakukan. Selain itu, hindari bepergian atau berlibur ke area yang terserang penyakit ini untuk sementara waktu.

Apalagi, saat ini belum ada vaksin untuk mencegah infeksi 2019-nCoV (corona virus) atau virus corona. Cara terbaik untuk mencegah infeksi adalah menghindari terkena virus ini. Lalu, seperti apa pencegahan yang bisa dilakukan?

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Kota Malang dr Husnul Muarif menyataka,  virus corona  hampir serupa dengan pneumonia karena menyerang saluran pernapasan. Kunci pencegahan agar terhindar dari penyakit itu adalah dengan menjalankan pola hidup bersih.

"Jadi, prinsipnya yang harus dilakukan adalah dengan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). Itu harus lebih ditingkatkan lagi," jelasnya.

Hal yang paling mudah yakni dengan membiasakan untuk cuci tangan dengan langkah yang benar dan rutin. Langkah ini untuk membantu mencegah penyebaran beberapa virus dan kuman, termasuk corona virus. "Bisa dibiasakan untuk cuci tangan pakai sabun, baik sebelum ataupun sesudah dari kamar mandi atau toilet," imbuhnya.

Kemudian, ikuti enam langkah cuci tangan. Yaitu, dimulai dengan menggosok telapak tangan, membersihkan sela-sela jari, kemudian gosok telapak tangan dengan jari secara berlawanan, jalinkan jari-jemari kedua telapak tangan saling berhadapan, gosok kedua ibu jari, gosok bagian tengah telapak tangan.

"Enam langkah itu harus benar dilakukan baik sebelum dan sesudah makan. Kemudian juga cuci tangan setelah melakukan kegiatan-kegiatan yang mgkin menyentuh barang-barang atau benda-benda apa yang ada di luar lingkungan kita," ungkap Husnul.

Diketahui, corona virus merupakan keluarga dari virus yang bisa dijumpai di banyak spesies hewan seperti unta, sapi, kucing, dan kelelawar. Virus corona jarang dapat menular dari hewan ke manusia dan menyebar di antara orang-orang seperti dengan MERS dan SARS.