Foto ikonik Luthfi yang berubah dari bawa bendera merah putih jadi bendera NasDem (Ist)
Foto ikonik Luthfi yang berubah dari bawa bendera merah putih jadi bendera NasDem (Ist)

MALANGTIMES - Media sosial (medsos) kembali dibuat riuh dengan adanya tindakan yang membuat para pengguna Twitter berkomentar miring ke partai NasDem.

Pasalnya, partai NasDem diduga melakukan edit foto ikonik Luthfi Alfiandi dalam demo yang mengusung tema Reformasi di Korupsi pada September 2019 lalu. Dimana, sosok Luthfi yang diabadikan kamera sedang menggenggam bendera merah putih di saat pecah keributan demo.

Foto itulah yang kini berubah. Dimana dalam postingan warganet @panca66, Lutfi mengenakan seragam putih abu-abu dan sweater tengah menutupi wajahnya dengan bendera Partai NasDem. Foto ini tercetak di halaman sebuah surat kabar dalam kolom iklan, bertuliskan: 'Nurani untuk Negeri'. 

Menguatkan postingannya itu @panca66 mencuitkan, "NasDem mengedit foto Lutfi untuk iklannya. Saya rasa foto ini ada fotografernya yang motret. Apakah sudah minta izin? Secara NasDem partai yang nggak peduli nasib Lutfi tapi memanfaatkan fotonya untuk promosi @taufikbasari." tulisnya, Senin (27/1/2020).

Sontak saja warganet lainnya meramaikan hal itu. "Main gampangan aja nih Nasdem. Luthfi adalah ikon perlawanan, dan sangat bertentangan dengan langkah Nasdem yang adalah partai pengusung Jokowi. Tak ada setitik pun suara Nasdem atas perlindungan pada rakyat kecil," cuit @AinurRafiq78.

Senada @buryam_semiaduk memberikan kritik pedasnya atas hal itu. Dimana, NasDem menurutnya hanya memakai image-nya Luthfi saja. "Belain Lutfi kaga tp imagenya dipake, dasar ga tau diri banget, aslinya Merah Putih diedit bendera parpol, ni baru penghinaan simbol negara," cuitnya.

Seperti diketahui Lutfhfi didakwa tiga pasal alternatif oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU). Pertama, dijerat Pasal 212 jo 214 ayat (1) KUHP karena dinilai melakukan kekerasan terhadap pejabat pemerintah yang bertugas secara sah (polisi) yang pengamanan aksi yang diikuti oleh Luthfi. Kedua, dijerat Pasal 170 ayat (1) KUHP terkait penggunaan kekerasan terhadap satu orang atau barang. Ketiga dijerat Pasal 218 KUHP karena tetap berkerumun saat sudah diperingati oleh polisi yang bertugas.

Persoalan hukum Luthfi itu pun ramai diperbincangkan warganet. Tagar #BebaskanLuthfi menggema di medsos sebagai dukungan warganet atas nasib Lutfhi.
Belum reda dan selesai persoalan hukumnya, kini editan foto Lutfi dengan membawa bendera NasDem pun mengemuka dan menjadi bahan cemooh warganet.