Petugas Polresta Malang Kota, saat melakukan kunjungan ke lingkungan perumahan (ist)
Petugas Polresta Malang Kota, saat melakukan kunjungan ke lingkungan perumahan (ist)

MALANGTIMES - Menjaga kondusivitas Kota Malang, Polresta Malang Kota tak hanya melakukan langkah represif, namun juga terus melakukan upaya preventif. Upaya preventif tersebut dilakukan Polresta Malang Kota dengan program One Day One Friend.

Program tersebut merupakan inisiasi dari Satuan Bina Masyarakat (Binmas) Polresta Malang Kota, yang saat ini telah mulai dijalankan. Program tersebut, dijalankan oleh setiap Bhabinkamtibmas di masing-masing wilayah.

Setiap anggota Bhabinkamtibmas, nantinya wajib untuk mengunjungi minimal lima lokasi, yang itu untuk menjaring berbagai informasi dari masyarakat mengenai keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) serta memberikan pesan kewaspadaan terhadap masyarakat.

"Setiap anggota mengunjungi lima lokasi perhari. Di situ mereka harus menjaring informasi, yang kemudian dilaporkan di sana ketemu siapa, apa yang dibahas. Mengedepankan pendekatan berdiskusi dengan masyarakat, sembari memberikan pesan Kamtibmas," beber Kasat Binmas Polresta Malang Kota, Kompol Pujionoana.

Dengan langkah tersebut, diharapkan pesan-pesan Kamtibmas bisa lebih menyebar lagi ke masyarakat lainnya. Sehingga, dengan tersebarnya pesan Kamtibmas tersebut, bisa meminimalisir kejadian atau tindak kejahatan.

"Dengan begitu, setiap hari satu orang menerima pesan kamtibmas dan tentunya orang yang akan menerima pesan Kamtibmas itu, juga akan menyebarkan lagi ke masyarakat lain, sehingga mereka akan lebih berhati-hati lagi," paparnya.

Selain itu, Bhabinkamtibmas juga mensosialisasikan program-program Polresta Malang Kota, seperti adanya tim yang baru terbentuk, yakni Singo Arema Police yang siap membasmi kejahatan jalanan, baik itu curanmor, curat maupun curas.

Selain One Day One Friend, pihaknya juga melakukan diskusi yang rutin digelar bersama masyarakat bertajuk Ngopi alias Ngobrol Pintar. Di situ kembali masyarakat diajak untuk berdiskusi mengenai permasalahan Kamtibmas serta mencari solusi untuk itu.

Terakhir, pihaknya juga mengimbau agar masyarakat juga berperan serta dan aktif untuk ikut peduli terhadap lingkungan sekitarnya, terlebih lagi mengenai keamanan lingkungan.

"Jangan acuh, sama-sama saling menjaga. Sehingga semua bisa aman terkendali. Kalau ada hal yang mencurigakan jangan segan segera lapor, demi keamanan dan kenyamanan bersama," pungkasnya.