Bencana tanah longsor akibat hujan cukup lama di Jalan Kelud, Kelurahan Sisir, Kecamatan Batu, beberapa saat lalu.
Bencana tanah longsor akibat hujan cukup lama di Jalan Kelud, Kelurahan Sisir, Kecamatan Batu, beberapa saat lalu.

MALANGTIMES - Selama tiga hari ke depan, yakni  27-29 Januari 2020, cuaca ektrem bakal melanda Kota Batu. Cuaca ekstrem itu meliputi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang sesaat. 

Data selama tiga hari ini dikeluarkan  Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Rinciannya pada Senin (27/1/2020) kawasan Kota Batu dan Kabupaten Malang akan dilanda hujan plus angin kencang saat pagi hari. Kemudian Selasa (28/1/2020) Kota Batu akan diguyur hujan siang sampai sore hari.

Baca Juga : Ditemukan Sepatu, Kaus Kaki, Topi di Dekat Hilangnya Pendaki Gunung di Kota Batu

Bukan daerah Kota Batu saja. Cuaca ekstrem itu juga akan melanda Kota Malang dan Kabupaten Malang. Sedangkan pada Rabu (29/1/2020) Kota Batu akan diguyur hujan pada pagi hari.

Kasi Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana daerah (BPBDKota Batu Achmad Choirur Rochim mengatakan, selama tiga hari ke depan, masyarakat diminta tetap waspada saat hujan datang karena potensi bencana sewaktu-waktu bisa terjadi.

“Saat hujan yang ekstrem beberapa hari yang lalu itu, kebanyakan bencana yang terjadi adalah tanah longsor,” ujar dia.

Baca Juga : Lari seperti Kesurupan, Pendaki Hilang di Gunung Buthak Panderman Batu

“Masyarakat juga harus antisipasi banjir, pohon tumbang, dan sebagainya. Kemarin juga, air meluap sehingga ada beberapa rumah yang terimbas,” sambung Rochim.