Ilustrasi.
Ilustrasi.

MALANGTIMES - Hingga saat ini virus corona makin mengganas di China dan mulai menyebar ke beberapa negara lain. Tercatat hingga Senin (27/1/2020), sebanyak 80 orang meninggal dan 2.744 positif terjangkit virus korona.

Beragam antisipasi dilakukan agar virus ini tidak menyebar ke daerah-daerah lain. Seperti halnya yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kota Batu, sejauh ini telah melakukan pengiriman surat kepada beberapa unit layanan kesehatan di Kota Batu.

“Untuk mengantisipasi virus ini kami berkirim surat mulai dari klinik, puskesmas, rumah sakit, dan sebagainya untuk mewaspadai penyebaran virus,” kata Sekretaris Dinkes Kota Batu, dr. Yuni Astuti Soeman.

Tidak hanya mewaspadai dengan berkirim surat, Dinas Kesehatan Kota Batu memberikan kewaspadaan yang ekstra. Pasalnya, Kota Batu sebagai tempat wisata menjadi jujukan wisata asing. 

“Untuk saat ini di Kota Batu masih aman dari penyebaran virus tersebut. Masih belum ada laporan kasus penyakit yang disebabkan virus ini,” imbuhnya. 

Sedang virus corona merupakan keluarga dari virus yang menyebabkan penyakit pernapasan seperti flu, menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC).

Kebanyakan orang terinfeksi virus corona pada satu titik dalam hidup mereka, tetapi gejalanya biasanya ringan hingga sedang. Dalam beberapa kasus, virus dapat menyebabkan penyakit saluran pernapasan bawah seperti pneumonia dan bronkitis.

Gejala dari virus corona baru termasuk demam, batuk dan kesulitan bernafas. Gejala-gejala ini mirip dengan yang disebabkan oleh SARS, menurut sebuah studi baru-baru ini yang diterbitkan dalam jurnal The Lancet.

Beberapa gejala mirip dengan SARS, tetapi ada beberapa perbedaan seperti tidak adanya gejala saluran pernapasan atas seperti pilek, bersin dan sakit tenggorokan.