Prakiraan potensi hujan lebat (BMKG).
Prakiraan potensi hujan lebat (BMKG).

MALANGTIMES - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) kembali mengeluarkan peringatan terhadap potensi hujan lebat di berbagai daerah. Hingga akhir Januari 2020, Jawa Timur dan berbagai wilayah lain diprediksi akan mengalami hujan lebat dengan disertai petir dan angin kencang.

Deputi Bidang Meteorologi BMKG Mulyono R. Prabowo menyampaikan, potensi hujan lebat itu terjadi lantaran sirkulasi siklonik di sekitar Samudera Hindia selatan Lampung yang diprakirakan akan terbentuk pada tanggal 24 hingga 26 Januari 2020.

Hal itu menyebabkan terbentuknya pola konvergensi serta belokan angin di wilayah Indonesia bagian barat. Selain itu, kondisi atmosfer Indonesia yang labil menyebabkan massa udara lembab dari lapisan bawah cukup mudah untuk terangkat ke atmosfer.

"Kedua faktor tersebut menyebabkan peningkatan potensi pertumbuhan awan hujan di wilayah Indonesia bagian barat," katanya melalui keterangan tertulis.

BMKG memprediksi hingga 29 Januari mendatang, beberapa wilayah akan mengalami hujan dengan intensitas tinggi dan disertai petir atau kilat.

Beberapa wilayah itu seperti Sumatera Barat, Jambi, Bengkulu, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, hingga Papua.

"Masyarakat agar waspada dengan kemungkinan bencana banjir, tanah longsor, genangan, angin kencang, banjir bandang, hingga pohon tumbang," jelas dia.

Sementara itu, di Kota Malang sendiri dalam beberapa hari terakhir mengalami hujan deras yang disertai angin kencang. Hujan berlangsung cukup lama dan menyebabkan genangan terjadi dibeberapa wilayah. Selain itu, bencana banjir bandang juga melanda wilayah Kabupaten Malang belum lama ini.