Proses penyerahan dana Gerbu dari salah satu PD Kehumasan Pemkot Malang kepada Baznas (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES)
Proses penyerahan dana Gerbu dari salah satu PD Kehumasan Pemkot Malang kepada Baznas (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Geliat Pemerintah Kota (Pemkot) Malang guna menekan jeratan bank titil terhadap warganya melalui gerakan seribu rupiah (Gerbu) untuk setiap aparatur sipil negara (ASN) sudah berjalan.

Catatan dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), setiap minggunya selama di bulan Januari 2020 ini terkumpul sekitar Rp 12 juta. Rupanya, para ASN dinilai aktif melakukan gerakan tersebut.

Bahkan, untuk lebih memotivasi para ASN, Baznas memberikan kotak khusus untuk Gerbu bagi para ASN di seluruh Perangkat Daerah (PD) dan UPZ (unit pengumpul zakat). Kotak tersebut bertuliskan, Gerakan Seribu Sehari, logo Pemkot Malang, logo BAZNAS Kota Malang dan tempelan masing-masing PD.

"Ada 500 kota untuk seluruh PD dan UPZ, dan itu sudah kita distribusikan sejak selasa (21/1). Sebelumnya kan kotaknya lebih sederhana dan ada juga yang pakai toples bekas. Ini yang baru lebih aman, dan dilengkapi gembok," ungkap Koordinator Bidang Pengumpulan Baznas Kota Malang Sulton Hanafi.

Zoel sapaan akrabnya menjelaskan, pihak Baznas selalu rutin mengumpulkan dana dari Gerbu tersebut. Untuk di kawasan Balaikota Malang sistem pengambilannya dilakukan setiap satu minggu sekali.

Sedangkan di kantor terpadu PD atau Block Office yang berada di Kecamatan Kedungkandang dilakukan setiap hari.

"Sudah tiga minggu ini berjalan, kan dalam satu minggu itu ada lima hari efektif. Biasanya kita ambil setiap Jumat. Kalau di sekretariat dan Block Office setiap hari diambil. Kalau untuk di kelurahan-kelurahan, dikumpulkan di tiap kecamatan," jelasnya.

Gerbu sehari ini rupanya disambut dengan antusias oleh para ASN. Salah satunya di bagian Kehumasan Pemkot Malang. Di satu minggu yang lalu, terkumpul paling tidak sebanyak Rp 130 ribu.

"Satu minggu kemarin bagian Humas dapat Rp 130 ribu. Itu juga kadang ada yang niat sedekah ngasihnya lebih, jadi nggak hanya cuma seribu rupiah saja," ungkap Joko Priyono, Kasubag Komunikasi Pimpinan Bagian Humas Setda Kota Malang.

Diketahui, melalui program Gerbu nantinya dana yang terkumpul dari sekitar 7.500 ASN Pemkot Malang bakal dikucurkan untuk menangani berbagai permasalahan sosial. Apalagi, dalam satu tahun ada potensi dana yang terhimpun mencapai Rp 2,7 miliar dari gerakan itu.