Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso saat menanam pohon di Desa Sumber Brantas, Kecamatan Bumiaji, Selasa (21/1/2020). (Foto: Humas Pemkot Batu)
Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso saat menanam pohon di Desa Sumber Brantas, Kecamatan Bumiaji, Selasa (21/1/2020). (Foto: Humas Pemkot Batu)

MALANGTIMES - Usai diterjang angin kencang beberapa bulan lalu, wilayah Desa Sumber Brantas, Kecamatan Bumiaji, kini kini ditanami pohon. Totalnya ada 2.600 bibit pohon ditanam di sana, Selasa (21/1/2020).

Penanaman secara simbolis itu langsung dilakukan oleh Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko, Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso, pelajar, dan masyarakat sekitar. “Penanaman pohon itu segera dilakukan untuk memperbaiki lingkungan yang pertama kali dilakukan, dengan menanam pohon dan menjaga kebersihan serta kelestariannya,” kata Dewanti.

Dewanti meminta kepada seluruh masyarakat juga semua tokohnya untuk menjaga lingkungannya masing-masing. Sehingga setelah ditanam, tidak dibiarkan tapi ada tindaklanjutnya. “Untuk menjaga lingkungan, tentu saja tidak bisa hanya dilakukan oleh pemerintah tapi, juga perlu dukungan masyarakat. Mudah-mudahan semua masyarakat sudah paham, dan sadar mau melakukannya,” imbuh istri Eddy Rumpoko ini. 

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Batu, Arief Assidiq menambahkan, untuk jumlah pohon yang ditanam mencapai 2.600 bibit itu merupakan jenis cemara udang. “Jadi, untuk saat ini yang ditanam berjumlah 2.600 pohon. Ini bertujuan untuk mencegah bencana di daerah yang pernah terdampak angin puting beliung tahun lalu,” jelas Arief.

Pohon itu dipilih selain penyerap air, juga mampu memecah angin. “Melihat saat ini apabila dilihat di hutan sudah renggang pohon cemaranya, untuk itu kita rapatkan lagi,” tutupnya.