Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Mangkrak, Macito Diprediksi Baru Bisa Operasi 2021

Penulis : Pipit Anggraeni - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

21 - Jan - 2020, 07:21

Bus Macito (Foto : Istimewa)
Bus Macito (Foto : Istimewa)

MALANGTIMES - Keberadaan bus Malang City Tour (Macito) yang sebelumnya sempat menjadi primadona bagi wisatawan terpaksa mangkrak. Pasalnya, belum lama ini, Macito berhenti beroperasi dengan alasan pemanfaatan tak sesuai spesifikasi bus.

Wali Kota Malang Sutiaji menjelaskan, pembenahan bus Macito belum dimasukkan dalam APBD 2020. Namun ada kemungkinan untuk dianggarkan dalam Perubahan Anggaran Keuangan (PAK) 2020. Sehingga jika memungkinkan, bus tersebut dapat dioperasikan kembali pada 2021. "Semoga bisa beroperasi lagi tahun depan," katanya.

Baca Juga : Hari Ini, Pemkot Malang Luncurkan Bansos Tahap Awal bagi Warga Terdampak Covid-19

Menurut Sutiaji, saat ini masih akan ditentukan perangkat daerah (PD) mana yang akan mengampu pemanfaatan bus Macito. Dua PD yang mungkin dapat mengelola adalah Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata serta Dinas Perhubungan.

"Dari dua itu, nanti ditentukan mana yang lebih sesuai. Karena bukan hanya membenahi, tapi juga mengoperasikan serta mengelola bus pasca-dibenahi," ungkapnya.

Masih sama dengan konsep awal yang sempat dibahas, pembenahan Macito nanti akan dipangkas sesuai spesifikasi bus. Sehingga lantai atas bus akan ditiadakan dan ditutup dengan penutup seperti semula. Modifikasi ulang itu diprediksi akan menelan anggaran Rp 300 juta hingga 400 juta. "Kalau beli baru, menurut informasi Dinas Perhubungan, butuh anggaran sampai Rp 600 miliar," tambah dia.

Lebih jauh Sutiaji menyampaikan, sejauh ini Pemkot Malang belum berencana untuk menambah unit bus Macito atau bus pariwisata. Namun Sutiaji tak menutup kemungkinan akan ada penambahan tahun-tahun berikutnya, menyesuaikan dengan kebutuhan dan permintaan masyarakat. "Sejauh ini belum, tapi bisa saja ditambah bisa juga nggak," pungkasnya.

 


Topik

Pemerintahan malang berita-malang berita-malang-hari-ini bus-Malang-City-Tour bus-macito Wali-Kota-Malang Sutiaji Dinas-Perhubungan-kota-malang


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Pipit Anggraeni

Editor

Sri Kurnia Mahiruni