Wali Kota Malang Sutiaji (Pipit Anggraeni/MalangTIMES).
Wali Kota Malang Sutiaji (Pipit Anggraeni/MalangTIMES).

MALANGTIMES - Hari ini, sebanyak 3.522 pelanggan Perumda Tugu Tirta atau sebelumnya dikenal sebagai PDAM Kota Malang mulai teraliri air bersih. Artinya, sampai saat ini kurang enam ribu lebih lagi pelanggan yang sama sekali belum tersentuh air bersih pasca insiden pecahnya pipa transmisi. 

Karena sebelumnya, kurang lebih ada 10 ribu pelanggan yang belum teraliri air bersih sama sekali dari total sekitar 30 ribu pelanggan terdampak.

Baca Juga : Usul Pemakaman Nakes Covid-19 di TMP & Anugerah Bintang Jasa Berujung Bully untuk Ganjar

Wali Kota Malang Sutiaji menyampaikan, air sudah mulai mengalir, namun tidak dengan debit yang besar. Karena jika dialirkan secara normal tentu membutuhkan tekanan yang lebih besar, dan ditakutkan akan kembali membuat pipa yang disambung kembali pecah. Itu sebabnya, saat ini belum semua pelanggan teraliri, terutama untuk kawasan yang berada di ketinggian.

"Seperti Buring Atas, nanti air akan ditandon di bawah saja, jadi tidak ditekan untuk dialirkan ke atas. Karena ditakutkan membutuhkan tekanan besar dan buat pipa jebol lagi," katanya.

Sehingga, air akan ditandon di kawasan yang lebih rendah. Untuk kemudian akan dialirkan menggunakan pompa agar bisa sampai ke rumah pelanggan yang berada di ketinggian. Karena jika tetap menggunakan sistem gravitasi, maka diperlukan keseimbangan tekanan.

"Semoga dalam dua hari ini tetap stabil, sehingga semuanya bisa teraliri," tambah Sutiaji.

Sementara untuk 3.522 titik yang sudah teraliri, Sutiaji menyampaikan jika air sudah mengalir sejak Senin (20/1/2020) tadi pagi. Beberapa wilayah yang dimaksud terdiri dari zona Buring 2D yaitu SDN Bandungrejosari, Keben II Permai, Kepuh, Simpang Kepuh, S. Supriadi, Kebonsari, dan Satsuitubun dengan total 1.496 pelanggan.

Baca Juga : Usul Pemakaman Nakes Covid-19 di TMP & Anugerah Bintang Jasa Berujung Bully untuk Ganjar

Kemudian zona dua atau Buring 2E terdiri dari Sonosari dan Leces dengan total pelanggan 509. Zona tiga yaitu Buring 2E-1 terdiri atas Raya Kebungagung, Jl. Tarupala, dan Sidodadi total ada 704 pelanggan. Terakhir zona 4 atau Buring 2E-2 yang terdiri dari Raya Kebunagung, Raya Wagir, Kuman, dan Perum Pondok Lestari dengan total 813 pelanggan.

"Sekali lagi kami mohon maaf kepada pelanggan air bersih Perumda Tugu Tirta, kami akan terus upayakan agar air kembali mengalir normal," pungkasnya.