Pengusaha nyentrik Jepang Yuzaku Maezawa (Ist)
Pengusaha nyentrik Jepang Yuzaku Maezawa (Ist)

MALANGTIMES - Selalu ada kehebohan di dunia maya, khususnya bagi para pemilik akun yang berasal dari para miliader. Seperti pengusaha nyentrik asal Jepang bernama Yuzaku Maezawa (44) yang aktif bermain medsos. Serta dikenal dengan 'kegilaannya' saat meluncurkan give away untuk para pengikutnya di akun Twitternya selama ini. 


Give away adalah istilah yang digunakan untuk menyebut ketika orang-orang ingin membagikan sesuatu pada orang lain dengan syarat tertentu. 
Tapi give away dari pemilik situs ritel fashion online Zozotown, bukan kaleng-kaleng. Dirinya siap membagikan uangnya ke pengikut di Twitter sebesar 1 miliar Yen atau sekitar Rp 123 miliar. 

Baca Juga : Ini Tiga Tahapan Daftar Kartu Prakerja dan 8 Pelatihan Gratis yang Didapatkan


Syarat untuk mendapatkan give away Maezawa pun terbilang sederhana, layaknya akun lain di Twitter saat menggelar hal yang sama. Follow akun dan retuit atau cuit ulang give away tersebut.


Sontak saja, jutaan akun pun kembali menyerbu akun Maezawa. Tercatat, sudah ada sebanyak 4,1 juta akun yang meretuit ajakan pengusaha eksentrik yang juga pernah mengadakan sayembara mencari pacar untuk diajak jalan-jalan ke bulan. Sedangkan untuk give away yang nantinya akan keluar pemenangnya sebanyak 1.000 orang/akun dengan masing-masing mendapat Rp 123 juta, diundi akhir Januari 2020 datang.


Bukan hanya sekali Maezawa melakukan give away melalui akun Twitternya. Di tahun 2019 lalu, hal ini pun sempat dilakukan dan membuat tweet nya berhasil memecahkan rekor sebagai tweet yang paling banyak mendapat retweet sepanjang masa. Dimungkinkan give away 2020 dengan jumlah uang yang dibagikan 10 kali lipatnya ini juga akan menjadi hal serupa.


Lantas, apa yang membuat miliader Jepang ini buang-buang uang dengan mencapai ratusan miliar itu ?
Jawabannya adalah rasa penasaran Maezawa terkait pertanyaannya mengenai kebenaran uang yang bisa membeli kebahagian. Untuk menjawab rasa penasarannya itulah, Maezawa meluncurkan give away dan nantinya 1.000 pemenang akan disurvei secara berkala terkait pertanyaan tersebut.

Baca Juga : Klarifikasi, Said Didu Kirim Surat Terkait Tuntutan Permintaan Maaf Luhut Pandjaitan


Dimana setelah diundi dan jadi pemenang, Maezawa akan meminta agar penerima hadiah membelanjakan uangnya. Setelahnya akan dilakukan survei terkait dampak dari uang yang diterimanya tersebut secara rutin.
"Ini uji coba sosial yang serius. Saya mengimbau akademisi dan ekonom juga bisa membantu menganalisa hasil dari survei itu," ujar Maezawa.
Menariknya, dari laporan Japanese Times, respons sebagian besar warganet untuk giveaway terbaru ini terbilang negatif. Pengguna Twitter menyebut Maezawa sebagai pencari perhatian dan menyarankan agar dia mencari cara lain yang lebih pantas untuk menghabiskan uangnya.