Lahan hijau yang disidak oleh DPRD Kota Batu bersama Pemkot Batu di Desa Bulukerto, Kecamatan Bumiaji. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Lahan hijau yang disidak oleh DPRD Kota Batu bersama Pemkot Batu di Desa Bulukerto, Kecamatan Bumiaji. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Selain pembangunan peternakan kambing di Desa Bulukerto Kecamatan Bumiaji dan Restoran di Jalan Sultan Agung Kelurahan Sisir Kecamatan Batu, terdapat sejumlah bangunan lainnya yang belum memiliki Izin Mendirikan Bangun dan terus beroperasi.

Baca Juga : Keluarkan Surat Edaran, Mulai Besok Bupati Malang Minta Warga Tidak Keluar Rumah

Dua bangunan itu adalah Oak Tree, dan Lembah Metro. “Sebelumnya yang belum keluar IMB tapi sudah membangun itu Ubud Hotel, tapi sekarang IMB sudah keluar sehingga bisa dilanjutkan,” kata Komisi C DPRD Kota Batu Didik Machmud. 

“Kalau yang Ubud Hotel, itu ada kelebihan 0,5 meter. Tapi masih ditoleransi sudah ada teknik dari dinas juga. Kemudian setelah dicek IMB memenuhi syarat,” imbuhnya.

Hanya saja Oak Tree, dan Lembah Metro hingga saat ini masih belum beres terkait IMB. Sebab, kedua bangunan tersebut berdiri di ruang terbuka hijau (RTH).

“Oak Tree ini menyangkut dengan 32 karyawan, nah ini hubungannya dengan karyawan. Sampai saat ini Otrik belum dikeluarkan izinnya, karena masih ada separuh yang bisa dipenuhi,” tambah politisi Partai Golongan Karya ini.

“Selain itu juga separuh lahan ini merupakan RTH, tentunya ini sulit untuk mengeluarkan izinnya,” ucapnya.

Baca Juga : Polisi Akui Kejahatan Jalanan Kota Malang Meningkat Usai Program Asimilasi

Sedangkan untuk Lembah Metro lantaran harus ada izin terkait Das Brantas. Melihat lokasinya yang berada di area tersebut.

“Kalau belum ada perizinan terkait DAS Brantas ke provinsi tidak boleh dibangun. Yang belakang pembangunan dihentikan, bahaya kalau diizinkan,” ungkap Didik.

Didik menegaskan jika belum keluar IMB-nya, maka dia minta supaya kegiatan dihentikan.