Puluhan mobil peserta balap liar  yang diamankan di Mapolresta Malang Kota (ist)
Puluhan mobil peserta balap liar yang diamankan di Mapolresta Malang Kota (ist)

MALANGTIMES - Setiap Sabtu malam, kawasan Jalan Soekarno Hatta selalu dipenuhi para muda-mudi yang seringkali menjadikan lajur jalan tersebut menjadi sirkuit balap. Bahkan kegiatan balap liar tersebut juga telah menjadi kalender rutin yang dilakukan para muda-mudi di kawasan Jalan Soekarno Hatta.

Namun Sabtu (11/1/2020) malam, para muda-mudi yang tengah asik menggelar balap liar, dikejutkan dengan kedatangan 200-an personel tim gabungan dari Polresta Malang Kota, Denpom V, Kodim 0833, Lanal, Dinas Perhubungan (Dishub) serta Satpol PP.

Baca Juga : Edarkan Sabu di Tengah Pandemi Covid-19, Pengedar Asal Malang Dicokok Polisi Blitar

Petugas sebelumnya sudah melakukan pengintaian terhadap aktivitas para muda-mudi tersebut. Ketika mendapati ada balap liar, petugas langsung berkoordinasi untuk melakukan pengepungan. Sehingga saat petugas menghampiri para peserta balap liar, mereka tak bisa kabur lagi.

Hasilnya para muda-mudi termasuk peserta balap liar, ada yang ditemukan dalam kondisi mabuk. Sementara sebanyak 26 kendaraan roda empat dari berbagai jenis milik para muda-mudi yang digunakan balap langsung diamankan ke Mapolresta Malang Kota.

Banyak dari kendaraan tersebut memang tak dilengkapi dengan surat-surat kendaraan. Termasuk juga ada kendaraan yang tak dilengkapi plat nomor.

Kapolresta Malang Kota Kombes Pol Leonardus Simarmata menjelaskan, jika memang operasi cipta kondisi ini memang dilakukan untuk menertibkan para pengendara yang melakukan kebut-kebutan atau balap liar di jalanan.

Hal ini merespon banyaknya laporan masyarakat yang merasa terganggu dengan adanya balap liar di kawasan Jalan Soekarno Hatta.

Selain itu, upaya ini juga sebagai bentuk memberikan rasa nyaman dan aman bagi masyarakat sekitar maupun para pengendara yang melintas di kawasan Jalan Soekarno Hatta.

Baca Juga : Pelaku Pencabulan di Jatimulyo Disebut Punya Kelainan Seks terhadap Anak

"Kita patroli skala besar, sasaran utama kita adalah balap liar yang menjadi kalender rutin di Jalan Soekarno Hatta," bebernya

Sementara itu, selain menyasar balap liar, petugas juga mewaspadai muda-mudi yang membawa senjata tajam ataupun menggunakan narkoba. Mereka yang terjaring, kemudian juga langsung dibawa ke Mapolresta Malang Kota untuk menjalani pemeriksaan apakah menggunakan narkoba atau tidak.

Mereka yang diamankan ternyata bukan hanya saja dari Kota Malang, melainkan ada juga yang berasal dari luar kota seperti Surabaya maupun Gresik dan daerah lain.