Pelajar saat mengikuti UNBK di SMPN 1 Kota Batu. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Pelajar saat mengikuti UNBK di SMPN 1 Kota Batu. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Sebanyak  3.290 pelajar SMP di Kota Batu bersiap melaksanakan Ujian Nasional (UN) tahun 2020 ini. Sayangnya UN berbasis komputer (UNBK) satu sekolah tidak bisa mengikuti ujian di lokasi sekolahnya sendiri. 

Baca Juga : Tak Mau Seperti Menara Gading, UIN Malang Aktif Membantu Masyarakat Terdampak Covid-19

Dari 31 SMP Negeri dan Swasta di Kota Batu, satu sekolah yang terpaksa menumpang itu adalah SMPN Satu Atap Gunungsari di Dusun Brau, Desa Gunungsari, Kecamatan Bumiaji.

Kepala Seksi SMP Dinas Pendidikan Kota Batu Rif Susi Kurniawati mengatakan, Kurniawati mengatakan, alasan SMP Satu Atap Gunungsari 4 harus mengungsi karena memang di sana tidak ada jaringan internet. Sehingga terpaksa harus mengungsi yang terdekat dari sekolah tersebut.

“Di sana itu gak ada koneksi internet, jadi harus mengungsi di sekolah terdekat. Kalau misal kendalanya bukan jaringan mungkin bisa diatasi,” kata Rif Susi.

Lalu bagaimana persiapan UN sejuah ini? Rif Susi menjelaskan juka rundown untuk persiapan UN 2020 sudah ada. Hanya saja, untuk tanggalnya belum bisa dipublikasikan.

Baca Juga : Dampak Covid-19, Beasiswa LPDP ke Luar Negeri Ditunda Tahun Depan

“Tidak jauh beda, hampir sama dengan tahun lalu. Mungkin hanya selisih sehari dua hari,” ungkapnya.

“Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Batu mulai mempersiapkan diri. Cukup banyak rangkaian yang harus dipersiapkan agar 3.290 siswa bisa melaksanakan ujian dengan baik pada tahun ini,” tutupnya.