Tanah longsor di Jalan Kelud, Kelurahan Sisir, Kecamatan Batu.
Tanah longsor di Jalan Kelud, Kelurahan Sisir, Kecamatan Batu.

MALANGTIMES - Kota Batu saat musim hujan ini rentan akan bencana tanah longsor. Selama satu hari saja, tanah longsor mengguncang Dusun Krajan, Desa Tlekung, Kecamatan Junrejo,  dan Jalan Kelud, Kelurahan Sisir, Kecamatan Batu. 

Tanah longsor itu terjadi Jumat (10/1/2020). Di Desa Tlekung, bermula hujan deras yang terjadi pada Kamis itu, sebuah pelengsengan ambrol. Pelengsengan itu terletak di belakang rumah Samin. Panjang pelengsengan yang rusak 9 meter, tinggi 8 meter, dan lebar 2 meter.

Baca Juga : Sehari 9 Korban Covid-19 di Surabaya Meninggal, Gubernur Minta Contoh Magetan Tekan Kasus

Kasi Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana daerah ( BPBD) Kota Batu Achmad Choirur Rochim mengatakan, pelengsengan yang ambrol itu cukup membahayakan karena berdekatan dengan pemukiman.

“Karena itu, kami bersama-sama warga sekitar melakukan pembuatan pelengsengan untuk mengatasi tanah longsor,” ungkapnya. 

Tanah Longsor juga terjadi pada Jumat di Jalan Kelud Gang Punden RT 6 RW 11, Kelurahan Sisir, Kecamatan Batu. Hujan itu mengakibatkan longsor di belakang rumah Anwar dan Agus. "Pelengsengan mengalami longsor dengan tinggi 6 meter, panjang 20 meter, lebar 3 meter,” ucap Rochim.

Antisipasi yang segera dilakukan dengan melakukan pemasangan bronjong atau perbaikan pelengsengan. Kemudian pembersihan material longsor dan penanganan darurat berupa kerja bakti yang dilakukan oleh warga.

Baca Juga : Pasien Positif Covid-19 Meningkat, Polres Malang Ancam Warga yang Tolak Pemakamannya

“Selama awal Januari ini, sudah beberapa bencana tanah longsor yang terjadi. Sehingga warga diminta lebih waspada,” tutupnya.