Motor serbaguna yang dimodifikasi siap melayani masyarakat di kantor Dispendukcapil Kota Batu. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Motor serbaguna yang dimodifikasi siap melayani masyarakat di kantor Dispendukcapil Kota Batu. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Dengan luas wilayah 202,30 kilometer persegi, kawasan perkotaan di Kota Batu memiliki banyak gang-gang kecil yang menjadi akses permukiman warga. Dengan karakteristik kota yang padat, keberadaan mobil keliling untuk layanan pemerintahan tak sepenuhnya maksimal.

Agar administrasi kependudukan warga Kota Batu terlayani, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Batu bersiap meluncurkan motor serbaguna di tengah masyarakat. Motor tersebut bakal dioperasionalkan pada akhir bulan Januari ini.

Baca Juga : Bantuan Pangan Non Tunai di Kota Batu Sudah Cair, Berikut Jadwal dan Lokasi Tokonya

“Kalau sebelumnya kita sudah ada mobil keliling untuk menjangkau warga yang mereka mengalami kesusahan dalam perekaman. Sekarang kota ada motor serbaguna,” ungkap Kepala Dispendukcapil Kota Batu, Maulidiono.

Motor serbaguna itu disiapkan dan dimodifikasi dengan beragam fasilitas perekaman. Mulai dari server, alat rekam, alat cetak, dan sebagainya.

“Gak jauh beda dengan alat yang di mobil. Cuma ini di sepeda motor, supaya mudah masuk-masuk gang-gang kecil,” imbuhnya kepada MalangTIMES. 

Motor serbaguna itu dihadirkan oleh Pemkot Batu untuk menjangkau warga Kota Batu yang tidak dijangkau oleh mobil keliling Dispendukcapil Kota Batu. Motor itu bisa masuk untuk mendatangi rumah warga di gang-gang kecil.

“Di Kota Batu ini masih banyak rumah warga ini di gang-gang kecil yang hanya bisa dijangkau sepeda motor. Karena itu kita hadirkan motor ini,” tambah Maulidiono. 

Motor itu ada mendatangi rumah warga di gang kecil yang membutuhkan. Misalnya bagi warga yang sakit, lansia, dan sebagainya. Untuk saat ini, motor baru dihadirkan 1 unit. 

Baca Juga : 4.866 Keluarga Penerima Manfaat di Kota Batu Terima Bantuan Pangan Non Tunai Rp 200 Ribu

“Untuk saat ini masih satu unit motor serbaguna yang kami hadir dan akan berjalan akhir bulan. Tapi tahun ini juga akan ada penambahan,” jelasnya. 

Satu unit motor serbaguna itu hadir dengan anggaran dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) di tahun 2019 Kota Batu. Ke depan lanjut Maulidiono, akan menambah 2 unit motor serbaguna.

“Ke depan kita berencana menghadirkan 3 motor serbaguna untuk membantu masyarakat Kota Batu, namun secara bertahap,” tutup Maulidiono.