Salah satu K-drama yang tayang di Netflix bulan Januari, Reply 1988. (Foto: istimewa)
Salah satu K-drama yang tayang di Netflix bulan Januari, Reply 1988. (Foto: istimewa)

MALANGTIMES - Mengawali tahun 2020, Netflix Indonesia mendatangkan beberapa K-drama (drama Korea) yang recommended untuk ditonton. Salah satunya adalah Reply 1988. Netflix Indonesia mengumumkannya bersama dengan tiga K-drama lainnya.

Para pencinta drama Korea kebanyakan sudah menontonnya. Namun, mungkin tidak akan pernah bosan menonton drama yang mendapatkan rating yang amat tinggi itu berkali-kali!

Banyak yang menyebut bahwa Reply 1988 merupakan drama keluarga terbaik. Banyak juga yang berkata bahwa penulisan script-nya sempurna.

Drama ini merupakan bagian dari trilogi Reply, yaitu Reply 1994 dan 1997. Untuk diketahui, drama yang dulunya tayang pada 6 November 2015 hingga 16 Januari 2016 ini sukses meraih rating sebesar 18,8 persen.

Drama yang berjumlah 20 episode ini semakin seru dengan kehadiran aktris dan aktor muda yang berbakat seperti Hyeri, Ryoo Joon Yeol, Ko Gyung-Pyo, Park Bo-Gum, dan Lee Dong-Hwi. Aktor dan aktrisnya sukses meraih penghargaan di TVN10 Awards 2016 dan 52nd Baeksang Art Awards.

Walaupun sebelumnya sudah ada Reply 1997 tahun 2012 dan Reply 1994 tahun 2013, kehadiran Reply 1988 tentu saja lebih fresh dan berbeda, termasuk dalam hal pemainnya.

Seperti drama Reply sebelumnya, Reply 1988 masih mengisahkan keluarga, pertemanan, dan percintaan. Drama ini mengisahkan lima teman semasa kanak-kanak yang hidup di daerah yang sama yang saling bersandar untuk bertahan hidup dalam kehidupan yang penuh tantangan dan kisah keluarga masing-masing. Kepedihan, kebahagiaan, hingga berbagai kesulitan dialami masing-masing karakter, namun selalu mengantarkan pada rasa cinta yang luar biasa.

Drama dengan genre family-comedy yang dikemas dengan sempurna ini akan membuatmu terbahak dan menangis, bahkan di episode yang sama.

Kehadiran Reply 1988 ini pun disambut antusias oleh para warganet, hingga menjadi salah satu trending topic di Twitter. "Udah sejuta kali kayaknya nonton Reply 1988. Padahal satu episodenya 2 jam tapi gak bosen," ujar @sehaluitu.

"Reply 1988 recommended banget. Drama tentang kehidupan sosial yang uwu sekali. Banyak pesan moral yg disampaikan per episodenya. Emosinya kena banget bisa ngakak, nangis, dan yang pasti persahabatan mereka itu the best," ucap @0niia_.

Selain Reply 1988, Netflix juga menyajikan K-drama 'Because This is My First Life', 'The Secret Life of My Secretary', dan 'While You Were Sleeping'.