Jembatan Kedungkandang (Foto: Dokumentasi MalangTIMES)
Jembatan Kedungkandang (Foto: Dokumentasi MalangTIMES)

MALANGTIMES - Kelanjutan mega proyek prioritas Pemerintah Kota (Pemkot) Malang dalam membangun Jembatan Kedungkandang sudah memasuki tahapan pelaksanaan. 

Bahkan, proses pembangunan fisik ditargetkan bakal mulai dikerjakan pada April 2020 mendatang.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Perumahan dan Kawasan Pemukiman (DPUPRPKP) Kota Malang, Hadi Santoso menyatakan kurang lebih dua minggu kedepan lelang proyek Jembatan Kedungkandang ini bakal segera diumumkan.

Pihaknya juga melakukan pertemuan dengan LKPP (Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah) untuk pengecekan dokumen lelang, hari ini (Jumat, 10/1).

"Ya dalam pekan ini hingga pekan depan kita umumkan dulu lelang untuk jasa konsultannya. Hari ini, kita bertemu dengan LKPP untuk checking dokumen lelang sebelum di upload," ujarnya.

Setidaknya dalam sisa waktu di bulan Januari 2020 ini, lelang jasa konstruksi direncanakan dapat diumumkan di lamanLPSE (Lembaga Pengadaan Secara Elektronik) Kota Malang. 

Soni (sapaan akrabnya) menjelaskan, dalam jangka waktu kurang lebih satu bulan maka didapatkan pemenang tender, baru setelahnya pengerjaan fisik bisa dikerjakan.

Mengingat proyek Jembatan Kedungkandang yang menjadi prioritas di tahun 2020 ini, ia berharap progressnya dapat berjalan dengan lancar. Sehingga, sebelum akhir tahun ini pengerjaan jembatan sudah terselesaikan.

Terlebih, menyusul dioperasikannya exit tol, maka jembatan tersebut juga bakal dibuat sesuai klasifikasi jalan kelas satu yang muatannya mencapai 50 ton.

"Karena kita juga menyambut dioperasikannya exit tol maka kami juga persiapkan jembatan ini sesuai klasifikasi jalan kelas 1. Yang muatannya nanti bisa 50 ton kemampuannya," tandasnya.