Kapolres Batu AKBP Harviadhi Agung Prathama saat menanam pohon di Mako Polres Batu.
Kapolres Batu AKBP Harviadhi Agung Prathama saat menanam pohon di Mako Polres Batu.

MALANGTIMES - Mako Polres Batu ke depan bakal dipenuhi dengan pohon-pohon yang rindang, ditambah udara yang sejuk. Bagaimana tidak, 2 ribu pohon itu ditanam di kawasan sekitar Mako Polres Batu, Jumat (10/1/2020).

Secara simbolis bibit pohon itu ditanam langsung oleh Kapolres Batu AKBP Harviadhi Agung Prathama, bersama Waka Polres Batu Kompol Zein Mawardi, dan Ketua Cabang Bhayangkari Batu Dian Harvi. Juga sejumlah pejabat utama Polres Batu, para Kabag dan Kasat serta para Kapolsek di lingkungan sekitar Mako Polres Batu.

2 ribu pohon yang ditanam itu meliputi pohon buah-buahan, seperti pohon buah pohon mangga, kelengkeng, Alpukat, durian hingga jeruk siam. “Selain kami tanam di area Polres Batu, tapi juga di wilayah kerja di 6 Polsek,” kata Kapolres Batu AKBP, Harviadhi Agung Prathama.

“Kita akan laksanakan dengan senang hati dan ikhlas demi kebaikan, bukan semata untuk pujian maupun penghargaan,” ungkapnya.

Ia menambahkan gerakan polisi peduli penghijauan lingkungan instansi Polri itu, merupakan instruksi Kapolri untuk menghijaukan lingkungan. Untuk menciptakan suasana go green di sekitar Mako Polri.

Penanaman pohon tersebut dilakukan sebagai upaya mencegah berbagai bencana alam. 

“Salah satu tujuannya untuk mencegah banjir, tanah longsor, serta mengurangi polusi yang memberikan efek positif bagi manusia,” ungkapnya.

Melihat Kota Batu juga merupakan daerah yang rawan bencana. Seperti tanah longsor, tanah ambles, dan sebagainya. 

“Karena itu penanaman pohon tersebut akan dilakukan di lokasi lain di luar instansi Polri yang tersebar di 6 kecamatan berbeda di wilayah Kota Batu,” tutupnya.