Tersangka Khoirul Mahmudi (tengah bawa velg) sesaat setelah diamankan petugas kepolisian karena kasus pencurian (Foto : Polsek Pakis for MalangTIMES)
Tersangka Khoirul Mahmudi (tengah bawa velg) sesaat setelah diamankan petugas kepolisian karena kasus pencurian (Foto : Polsek Pakis for MalangTIMES)

MALANGTIMES - Kurang dari 24 jam, petugas gabungan Unit Reskrim Polsek Pakis dan Satreskrim Polres Malang berhasil meringkus pelaku pencurian onderdil sepeda motor, Kamis (9/1/2020).

Adalah Khoirul Mahmudi warga Dusun Bonangan, Desa Sumberkradenan, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang, yang diringkus polisi karena mengasak onderdil sepeda motor milik teman kosnya tersebut.

Baca Juga : Edarkan Sabu di Tengah Pandemi Covid-19, Pengedar Asal Malang Dicokok Polisi Blitar

”Dari tangan tersangka, petugas berhasil mengamankan barang bukti berupa 2 buah velg bintang milik korban,” kata Kapolsek Pakis, AKP Sutiyo, Kamis (9/1/2020).

Berdasarkan laporan yang diterima kepolisian, korban pencurian bernama Andhika Rizky Amrullah. Remaja 19 tahun itu merupakan salah satu penghuni kost yang beralamat di Perum Pakisjajar Permai, Desa Pakisjajar, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang.

”Korban dan tersangka ini sebenarnya sudah sering bertemu, sebab keduanya memang tinggal di tempat kost yang sama,” terang Sutiyo kepada MalangTIMES.com.

Lantaran tinggal di tempat kost yang sama itulah, membuat tersangka Khoirul leluasa mengamati gerak-gerik bakal korbannya tersebut. Puncaknya pada Rabu (8/1/2020) siang, sekitar pukul 13.30 WIB. Tersangka yang mengetahui Andhika sedang tidak ada didalam kamar kostnya, bergegas masuk melalui pintu kamar kost korban yang kebetulan saat itu tidak terkunci.

Setibanya di dalam kost, Khoirul sempat memeriksa beberapa laci dan lemari untuk mencari barang berharga milik korban. Hingga akhirnya, pria 47 tahun itu mendapati dua buah velg bintang milik korban yang kemudian membawanya kabur.

Tidak lama setelah itu, korban yang pulang dan menyadari velg miliknya sudah tidak ada di tempat semula sempat berupaya untuk mencarinya. Lantaran tidak ketemu, Andhika akhirnya memilih melaporkan kejadian ini ke Polsek Pakis.

Di hadapan petugas, remaja belasan tahun itu mengaku jika velg ring 17 seharga Rp 2,9 juta miliknya telah raib dibawa kabur pencuri. Mendapat laporan, anggota korps berseragam coklat ini langsung melakukan penyelidikan.

Baca Juga : Di Tengah Pandemi Covid 19, Pelaku Curnamor Makin Liar, Sehari Dua Motor Digasak

”Dari pendalaman di TKP (Tempat Kejadian Perkara) serta keterangan beberapa saksi yang kami himpun, pelaku pencurian mengarah kepada Khoirul yang kemudian kami amankan saat yang bersangkutan berada di kamar kostnya,” ungkap Sutiyo.

Saat digerebek pada Kamis (9/1/2020) sekitar pukul 01.30 WIB, tersangka ketika itu sedang tertidur pulas. Saat dibangunkan petugas, Khoirul sempat mengelak jika dirinya merupakan pelaku pencurian.

Polisi yang tidak percaya, kemudian menggeledah beberapa sudut kamar kost tersangka. Hasilnya, petugas mendapati barang bukti hasil curian tersebut. Lantaran tidak bisa mengelak, pria yang nyaris berusia kepala lima itupun hanya bisa pasrah saat dikeler petugas ke kantor Mapolsek Pakis.

”Kasusnya masih pengembangan, diduga tersangka sudah pernah melancarkan aksi serupa (pencurian) dibeberapa lokasi lainnya. Akibat perbuatannya, yang bersangkutan kami jerat dengan pasal 362 KUHP tentang pencurian,” tutup perwira polisi dengan pangkat tiga balok dibahu ini, sembari mengatakan jika tersangka diancam kurungan penjara selama 5 tahun.