Siswa SMK PGRI Turen yang melakukan studi banding di prodi TI Unikama (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)
Siswa SMK PGRI Turen yang melakukan studi banding di prodi TI Unikama (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)

Program Studi Teknik Informatika (Prodi TI), Fakultas Sains dan Teknologi (FST) Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) mendapat kunjungan studi banding dari para siswa SMK PGRI Turen (8/1/2020).

Para siswa SMK PGRI Turen, nampak antusias saat tiba di Unikama. Mereka juga nampak tak sabar untuk mengetahui keunggulan Unikama, khususnya dalam hal teknologi. Di sana, para siswa SMK PGRI Turen mendapatkan penjelasan perihal Prodi TI Unikama yang saat ini unggul dan fokus pengembangan dalam bidang game.

Selain itu, para siswa SMK PGRI Turen juga diajak berkeliling di laboratorium komputer maupun laboratorium robotik milik Prodi TI Unikama. Di sela kunjungan tersebut, juga dibarengi dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) SMK PGRI Turen untuk saling mendukung dalam kemajaun maupun pengembangan kualitas Sumberdaya Manusia (SDM).

Dekan FST, Dr. I Ketut Suastika, M.Pd, menjelaskan, jika pihaknya siap untuk menerima kunjungan dan kerjasama selebar-lebarnya dari berbagai pihak, yang itu bisa saling menguntungkan untuk kemajuan dan pengembangan SDM dari kedua belah pihak.

"Kita terus gaungkan Unikama keluar, menjalin kerja sama. Kita juga baru saja bekerja sama dengan salah satu kampus di Blitar, kemudian kampus di Bali. Intinya adalah Tri Dharma Perguruan Tinggi. Saling bertukar informasi maupun saling mendukung untuk kemajuan SDM," jelasnya

Kaprodi TI, Moh Ahsan M.Kom MT, menambahkan, untuk menindaklanjuti MoU dengan SMK PGRI Turen, akan dilanjutkan dengan Memorandum of Agreement (MoA) dengan saling mengisi kebutuhan yang diperlukan, misalnya dalam hal SDM.

"Misalkan dari Unikama, bisa workshop di sana, kemudian bila dari SMK membutuhkan misal SDM untuk menjadi pemateri, bisa mendatangkan dari Unikama sesuai dengan Prodi yang ada. Selain itu, nantinya juga terdapat agenda mahasiswa goes to school maupun bisa juga dosen melakukan penelitian dan pengabdian di sana," jelasnya. 

"Disana juga sedang membutuhkan guru yang seperti Teknik Komputer Jaringan (TKJ) yang itu sudah kami soundingkan ke alumni untuk siapa yang berminat untuk menjadi guru di SMK PGRI Turen," tambahnya. 

Kemudian selain kegiatan tersebut, bilamana para siswa SMK PGRI Turen nantinya juga akan terus dilibatkan manakala Prodi TI Unikama mengadakan sebuah event yang berkaitan dengan teknologi, seperti halnya event Techno Wars yang beberapa waktu lalu digelar.

"Di sini kita juga berikan pengetahuan kepada para siswa lebih dalam lagi sesuai bidangnya, seperti robotik, website, mobile aplikasi, sehingga nantinya mereka nantinya juga bisa menentukan kemana minatnya,"pungkasnya.