Surat Edaran Tim Pelaksana LTMPT. (Foto istimewa)
Surat Edaran Tim Pelaksana LTMPT. (Foto istimewa)

MALANGTIMES - Ketua Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LPMPT) Mohammad Nasih sebelumnya mengumumkan bahwa tepat hari ini (Selasa, 7/1/2020) merupakan hari terakhir melakukan perubahan status permanen data.

Apabila pada hari ini siswa maupun pihak sekolah belum melakukan perubahan status, maka keduanya tidak dapat melakukan pendaftaran Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) dan SNMPTN 2020. Nyatanya, masih banyak siswa maupun sekolah yang belum melakukan perubahan status. 

Namun, tenang saja. Kabar baiknya, registrasi LTMPT diperpanjang sampai 9 Januari 2020 pukul 17.00 WIB. Perpanjangan ini tertuang dalam Surat Edaran Tim Pelaksana LTMPT Nomor 01/SE.LTMPT/2020 yang disiarkan pada Selasa (7/1/2020) baru-baru ini. Berikut fragmen yang tertera dalam surat edaran tersebut.

"Masa registrasi akun LTMPT yang sedianya ditutup tanggal 7 Januari 2020 diperpanjang sampai dengan tanggal 9 Januari 2020 pukul 17.00 WIB."

Dalam surat edaran yang ditandatangani oleh Ketua Tim Pelaksana LTMPT Mohammad Nasih tersebut, dijelaskan bahwa masa perpanjangan registrasi ini dilakukan untuk memberikan kesempatan yang lebih luas kepada sekolah maupun siswa untuk ikut serta dalam seleksi masuk perguruan tinggi negeri.

Tertulis dalam edaran tersebut bahwa sampai dengan hari ini (Selasa, 7 Januari 2020), masih banyak siswa maupun sekolah yang belum melakukan finalisasi/mempermanenkan tahapan registrasi akun LTMPT.

Mengingat sempitnya waktu, sebaiknya sekolah dan siswa segera melakukan finalisasi/mempermanenkan registrasi akun LTMPT jika data yang diisikan sudah benar.

"Apabila sampai tanggal 9 Januari 2020 siswa dan sekolah belum atau tidak melakukan registrasi akun LTMPT, untuk kepentingan pendaftaran UTBK dan SBMPTN, registrasi akun LTMPT akan dilayani lagi pada 7 Februari sampai 5 April 2020," tulis surat edaran yang diteken  Mohammad Nasih, Selasa (7/1/2020) tersebut.

Seperti yang diketahui, pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menerapkan sistem penerimaan mahasiswa baru untuk perguruan tinggi 2020 melalui satu pintu, yakni Single Sign On (SSO).

Penerapan sistem SSO ini ditujukan untuk mengintegrasikan data jalur penerimaan calon mahasiswa baru (SNMPTN, UTBK, dan SBMPTN).

SSO dapat diakses melalui akun portal Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), https://portal.ltmpt.ac.id.