Suasana lalu lintas di pertigaan Denpom ya g sudah terpasang ITS (Pipit Anggraeni/MalangTIMES).
Suasana lalu lintas di pertigaan Denpom ya g sudah terpasang ITS (Pipit Anggraeni/MalangTIMES).

MALANGTIMES - Tiga Traffic Light dengan teknologi Inteligent Transport System (ITS) yang baru saja dipasang Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Malang telah diaktifkan. Ke tiga TL ITS itu berada di simpang Sawojajar, Simpang Puntodewo, dan Simpang Denpom.

Kepala Dishub Kota Malang, Handi Priyanto menyampaikan, ke tiga TL berteknologi khusus itu sudah diaktifkan sejak Minggu (5/1/2020) sore. Ketiganya diaktifkan secara bersamaan untuk memaksimalkan kinerja dari teknologi inframerah yang diterapkan TL ITS tersebut.

"Ke tiganya sudah on, dan saling terkoneksi satu sama lain," katanya.

Handi menjelaskan, TL berteknologi khusus tersebut mampu menghitung sendiri jumlah antrian kendaraan atau traffic counting. Sehingga secara otomatis sistem yang menentukan sendiri berapa lama durasi merah dan hijaunya.

"Kita hanya mematok durasi maksimal tiap fase jalan. Misalkan kita patok fase dari jembatan ranugrati 45 detik hijau, kalo mobil tidak banyak, maka nyala hijau bisa jadi hanya 15 detik atau 25 detik menyesuaikan jumlah kendaraan disana," tambahnya.

Dia menerangkan, dengan penambahan tiga ITS tersebut, maka saat ini Kota Mang telah memiliki tujuh simpang yang dilengkapi teknologi inframerah. Ke tujuh persimpangan itu adalah persimpangan Ahmad Yani, Borobudur, Peritgaan Jakan Ngantang (depan Hotel Savana), Kaliurang, Denpom, Puntodewo, dan Sawojajar.

Sementara itu, berdasarkan pantauan MalangTIMES, kawasan pertigaan Denpom yang baru saja terpasang ITS tetap mengalami kemacetan seperti biasa saat jam-jam padat atau jam sibuk. Kondisi padat terjadi saat pagi dan sore hari. Di mana kendaraan roda dua dan empat mengular hingga kawasan Sawojajar.

Sementara di jam-jam biasa seperti siang hari, kondisi lalu lintas terpantau padat merayap. Pada Selasa (7/1/2020) sekitar pukul 10.00 WIB hingga 11.30 WIB, kawasan perempatan Sawojajar (Jl. Ranugrati) hingga kawasan pertigaan Denpom terpantau padat. Kendaraan mengular hingga ke kawasan Jalan Ranugrati. 

Sedangkan TL sudah aktif melakukan penghitungan sebagaimana lampu merah pada umumnya.