Tampilan sepatu berbahan dasar limbah permen karet (Foto: Istimewa)
Tampilan sepatu berbahan dasar limbah permen karet (Foto: Istimewa)

MALANGTIMES - Ada-ada saja, kreasi para desainer sepatu. Rupanya kampanye gerakan ramah lingkungan seakan menjadikan para pengrajin sepatu berinovasi menciptakan produknya dengan epic.

Bahkan, bentuknya super keren dibandingkan sneakers pada umumnya. Ya, salah satunya sepatu berbahan limbah permen karet.

Sekilas, tidak ada yang aneh dari tampilan sepatu ini, bentuknya keren dengan warna-warna ceria dan pastinya bakal membuat konsumen semakin kece saat memakainya. 

Padahal, bahan bakunya dari permen karet yang habis dimakan. Biasanya, permen karet ini musuh setiap orang lantaran jika tertempel akan membuat lengket dan risih.

Dilansir dari berbagai sumber, hal itu yang kemudian menjadi ide bagi perancang sepatu berlabel Explicit Wear. Berkolaborasi dengan perusahaan barang berkelanjutan Gumdrop, pada akhirnya menghasilkan sepatu ramah lingkungan yang terbuat dari limbah permen karet tersebut.

Sepatu menarik ini dikenal dengan sebutan GumShoe. Dilengkapi dengan sol yang bahan utamanya adalah limbah permen karet, sebanyak empat pasang sepatu setidaknya membutuhkan sekitar 1 kilogram limbah permen karet.

Untuk membuat sepatu ini, produsen mengumpulkan sampah permen karet dari jalanan. Kemudian diolah dengan teknik khusus hingga berubah bentuk menjadi butiran karet. Nah, butiran karet inilah yang dijadikan bahan pembuatan sepatu keren ini.

GumShoe ini diklaim sebagai sepatu kets pertama di dunia yang terbuat dari sisa limbah permen karet. Yang benar-benar menunjukkan sisi permen karet, yaitu bagian sol sepatu yang dibuat sepenuhnya dari bahan karet, sementara bagian lainnya masih didominasi bahan kulit.

Ada dua pilihan warna jika kalian ingin memiliki sepatu ini, yakni pink bubble gum dan merah hitam. Sayangnya, meski sepatu ini ramah lingkungan, tapi harganya tak terlalu ramah dikantong. Sepasang sepatu ini dibanderol dengan harga 190 euro (Rp 3,2 juta).