Salah satu VMS di jalan Ir Soekarno. (Foto: Irsya/MalangTIMES)
Salah satu VMS di jalan Ir Soekarno. (Foto: Irsya/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur memberikan kemudahan bagi wisatawan yang berkunjung ke Kota Batu untuk mengetahui jarak tempuh waktu lokasi yang dituju. Kemudahan yang diberikan itu melalui Variable Message Sign (VMS) yang tersebar di titik di Kota Batu.

VMS itu berada di Jalan Trunojoyo Kecamatan Batu, dan dua titik di Jalan Ir Soekarno Hatta Kecamatan Junrejo. Dalam VMS itu memberikan arahan jika ke ALun-Alun bisa melintasi Desa Beji-Des Mojorejo dengan jarak tempuh 13 menit.

Lalu jika ingin ke Pemandian Cangar bisa melintasi Desa Beji-Desa Mojorejo selama 49 menit, atau lewat Desa Pendem-Tawangargo selama 54 menit. Perhitungan waktu itu bisa berbeda jika terjadi kemacetan di area Kota Batu.

“VMS ini adalah teknologi untuk transportasi, bantuan dari Dinas Perhubungan Jatim. Ini untuk mempermudah wisatawan memilih jalan dengan jarak tempuhnya bisa dilihat,” ungkap kepala Dinas Perbuhungan Kota Batu, Susetya Herawan.

Ia menambahkan dengan VMS itu bisa memberikan informasi lebih detal jarak tempuh. Terlebih setiap titik itu punya istimasi waktu yang berbeda-beda.

“Dengan informasi yang lebih detail ini tentu akan mempermudah wiasatawan yang akan berwisata ke Kota Batu,” imbuhnya.

Jika di rasa jalur yang ditunjukkan itu memiliki estimasi waktu yang panjang bisa memilih jalur lainnya.