Rektor UIN Malang Prof Dr Abdul Haris MAg saat melepas mahasiswa peserta KKM UIN Mengabdi 2020. (Foto: Humas)
Rektor UIN Malang Prof Dr Abdul Haris MAg saat melepas mahasiswa peserta KKM UIN Mengabdi 2020. (Foto: Humas)

MALANGTIMES - Ribuan mahasiswa peserta Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) UIN Mengabdi 2020 berangkat "dakwah" ke berbagai daerah, Jumat (27/12/2019).

Dakwah yang dimaksud di sini adalah dakwah dengan arti luas. Misalnya saja menjaga kelestarian lingkungan, mengembangkan perekonomian kerakyatan, hingga persoalan sosial.

Di lapangan utama Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Malang) Malang, ribuan mahasiswa tersebut mengikuti apel pelepasan peserta KKM.

Pelepasan peserta KKM dilakukan langsung oleh Rektor UIN Malang Prof Dr Abdul Haris MAg sembari melakukan pemotongan balon yang bertuliskan selamat dan sukses KKM UIN Mengabdi 2020.

Dalam sambutannya, Prof Haris mengajak seluruh peserta KKM untuk serius mengabdikan diri kepada masyarakat sesuai dengan keilmuannya masing-masing. Selama satu bulan penuh, diharapkan para mahasiswa UIN Malang sudah memiliki peta dakwah yang jelas.

“Semua kebaikan untuk mengembangkan masyarakat yang dilakukan itu bisa dimaknai dengan dakwah,” ucapnya.

Selain itu, dikatakan Prof Haris, mahasiswa KKM juga harus sigap dan tanggap terhadap kebutuhan masyarakat.

"Sehingga apa yang dilakukan nanti bisa tepat sasaran dan sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh masyarakat," timpalnya.

KKM akan dilaksanakan hingga 27 Januari 2020 mendatang. Peserta KKM ini ditempatkan di 188 desa yang berada di Kabupaten Malang dan Kota Batu.

Ia juga menyampaikan bahwa sudah selayaknya mahasiswa yang merupakan bagian dari Perguruan Tinggi turut serta dalam membangun masyarakat.

Hal ini tak hanya terkait dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi, namun juga sebagai wujud nilai kemanusiaan yang memberi manfaat bagi sekitarnya.

"Sebelum bertitel sarjana, kalian sudah harus memberi sumbangsih untuk mengedukasi masyarakat," lugasnya.

Prof Haris berharap, agar dalam satu bulan ke depan, KKM ini bisa membuahkan dan mengembangkan masyarakat menjadi lebih baik. Ia juga berharap mahasiswa KKM bisa sungguh-sungguh untuk mengembangkan keilmuannya masing-masing.

Untuk diketahui, KKM kali ini juga diikuti oleh mahasiswa IAIN Jember untuk turut bergabung melakukan pengabdian kepada masyarakat.

“Selamat berjuang dan mengabdikan diri kepada masyarakat, dan semoga Allah SWT senantiasa memberikan keberkahan kepada kita semua,” doanya.