Bupati Malang HM. Sanusi (tengah pakai peci) saat meresmikan Gedung LTSA-PMI.
Bupati Malang HM. Sanusi (tengah pakai peci) saat meresmikan Gedung LTSA-PMI.

MALANGTIMES - Para PMI (pekerja migran Indonesia) di Kabupaten Malang bakal mendapatkan pelayanan prima. Hal ini menyusul diresmikannya Gedung LTSA-PMI (Layanan Terpadu Satu Atap-Pekerja Migran Indonesia). Gedung itu rencananya mulai beroperasi Jumat (27/12/2019).

Bangunan yang berlokasi di area perkantoran Disnaker (Dinas Tenaga Kerja) Kabupaten Malang tersebut diresmikan langsung oleh Bupati Malang HM. Sanusi, Kamis (26/12/2019).

Baca Juga : Hari Ini, Pemkot Malang Luncurkan Bansos Tahap Awal bagi Warga Terdampak Covid-19

”Adanya gedung (LTSA-PMI) ini diharapkan mampu memfasilitasi sekaligus mempermudah kebutuhan para PMI yang ada di Kabupaten Malang. Kalau sudah diresmikan, secepatnya harus segera beroperasi. Kalau memang sudah siap, ya harus segera dimulai,” kata Sanusi.

Merujuk pada data yang dihimpun Disnakertrans (Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi) Provinsi Jawa Timur, tahun 2018 Kabupaten Malang berada di peringkat tiga sebagai daerah dengan jumlah pengiriman PMI terbanyak di Jawa Timur. Pada 2018, tercatat ada 8.839 warga Kabupaten Malang yang menjadi PMI.

”Potensi pekerja migran yang ada di Kabupaten Malang ini memang terbilang tinggi. Mengingat peran dan kontribusi terhadap perekonomian nasional, maka pekerja migran yang dianggap sebagai pahlawan devisa negara ini juga perlu mendapat perhatian lebih,” tandas Sanusi.

Guna memaksimalkan pelayanan terhadap para pekerja migran, Sanusi mengaku sudah berkoordinasi dengan berbagai instansi terkait. Mulai dari fasilitas Pos Pelayanan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (P4TKI) hingga peran dari berbagai instansi. Antara lain Dispendukcapil (Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil), Dinkes (Dinas Kesehatan), BPJS, Polres Malang, hingga perbankan. Para instansi itu akan di-standby-kan di Gedung LTSA-PMI untuk melayani para pekerja migran di Kabupaten Malang.

”Nantinya semua keperluan untuk mengurus berkas administrasi bagi PMI di Kabupaten Malang akan sangat dipermudah. Para pekerja migran cukup datang ke sini (Gedung LTSA-PMI) untuk mengurus segala keperluannya terkait perizinan dan berkas administrasi," sambung Sanusi.

Baca Juga : Bantuan Pangan Non Tunai di Kota Batu Sudah Cair, Berikut Jadwal dan Lokasi Tokonya

Selain bisa mengurus beragam berkas, mulai dari data catatan sipil dan kependudukan serta pengecekan KTP, para pekerja migran di Kabupaten Malang juga bisa mengurus keperluan berkas BPJS, SKCK (surat keterangan catatan kepolisian), hingga paspor di Gedung LTSA-PMI tersebut.

”Dengan adanya fasilitas ini, diharapkan bisa menjadi sarana pendukung dalam upaya mewujudkan layanan informasi terpadu, transparan, akuntabel, mudah, murah, aman, berkualitas ,dan cepat,” ujar Sanusi, lalu menambahkan bahwa dengan adanya Gedung LTSA-PMI, permasalahan legalitas maupun perlindungan para pekerja migran dapat diminimalkan.