Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Perumda Tugu Tirta Ajukan Bantuan Pipa Baru ke Pusat

Penulis : Pipit Anggraeni - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

25 - Dec - 2019, 16:01

Direktur Utama Perumda Tugu Tirta Kota Malang M. Nor Muhlas (Dok. MalangTIMES)
Direktur Utama Perumda Tugu Tirta Kota Malang M. Nor Muhlas (Dok. MalangTIMES)

MALANGTIMES - Perumda Tugu Tirta atau sebelumnya dikenal sebagai PDAM Kota Malang berencana mengajukan bantuan pipa baru pada 2020. Pengajuan terhadap pemerintah pusat itu dilakukan untuk mengganti pipa yang sering mengalami kebocoran dari arah Sumber Pitu di Tumpang, Kabupaten Malang, menuju kawasan Buring, Kota Malang.

Baca Juga : Pandemi Covid-19, Revitalisasi Pasar Bunulrejo Dibatalkan

Direktur Utama Perumda Tugu Tirta Kota Malang M. Nor Muhlas menyampaikan, selama ini sering terjadi kerusakan atau kebocoran pipa yang mengarah dari Sumber Pitu. Titik kerusakan pun di tempat yang sama, yaitu kawasan Pulungdowo, Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang.

Kebocoran yang terjadi di kawasan Pulungdowo itu akhirnya berdampak pada penyaluran air bersih hingga ke rumah warga. Kondisi itu pun sudah beberapa kali terjadi dan membuat air tumpah ke jalanan dan mengganggu arus lalu lintas.

"Karena pipa yang terpasang saat ini tidak sesuai dengan kekuatan beban. Seharusnya itu mampu menahan kekuatan sampai 14 meter. Tapi yang terpasang di sana hanya mampu menahan kekuatan hingga 10 meter," katanya.

Selama ini, pipa yang mengalami kerusakan karena tak kuat menahan beban selalu dibenahi. Namun memang perlu untuk dilakukan  penggantian pipa agar tak terjadi kerusakan yang sama sehingga kebutuhan air tetap mengalir tanpa gangguan hingga ke rumah konsumen.

Baca Juga : Jamin Nasib Tenaga Kerja, Disnaker-PMTSP Kota Malang Ajukan Skema Jaring Sosial

Penggantian pipa dengan kemampuan menahan kekuatan yang lebih tinggi, menurut Muhlas, sengaja diajukan ke pemerintah pusat lantaran biaya yang diperlukan untuk mengganti pipa amatlah besar. Apalagi, jarak antara kawasan Sumber Pitu hingga ke tandon Buring kurang lebih adalah 20 kilometer. "Harga pipanya memang tidak murah," ucapnya.

Lebih jauh Muhlas menyampaikan, selain mengupayakan penggantian pipa, Perumda Tugu Tirta saat ini tengah mengembangkan inovasi baru. Tujuannya adalah mengukur kecepatan air sesuai dengan kebutuhan masing-masing konsumen. Sehingga, air dapat mengalir tepat sesuai takaran masing-masing.

 


Topik

Pemerintahan Perumda-Tugu-Tirta PDAM-Kota-Malang M.-Nor-Muhlas Bantuan-Pipa-Baru


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Pipit Anggraeni

Editor

Sri Kurnia Mahiruni