MALANGTIMES - Program Bimbingan Belajar Madrasah Techad ini, telah mengantarkan Mi Al Ittihad berhasil meraih juara 3 tingkat Nasional dalam kompetisi robotik madrasah 2019 bulan lalu. 

Keberhasilan ini tentu merupakan salah satu pencapaian tertinggi yang diraih Madrasah Techad dalam usahanya mengenalkan teknologi kepada anak-anak sejak dini. 

Dalam pelaksanaannya, Techad tahun ini menggandeng 5 sekolah madrasah yang terletak di Kecamatan Karangnongko, Poncokusumo, Kabupaten Malang. 

Kehadiran Program Techad tersebut disambut baik oleh pihak Sekolah. 

Dengan adanya Techad, pihak sekolah berharap siswanya dapat memiliki keahlian yang mumpuni di bidang robotik dan teknik industri sehingga mampu bersaing di masa depan.

Gelaran kompetisi robotik madrasah 2019 tersebut digelar oleh kementerian terkait pada November lalu. 

Bukan kali pertama, kompetisi ini sudah berlangsung kelima kalinya dan tahun ini diadakan di Surabaya.

Seperti namanya, kompetisi robotik ini diikuti seluruh madrasah dengan jenjang berbeda-beda mulai dari MI, MTs dan MA. 

Tidak hanya itu, ratusan sekolah turut dalam perlombaan yang dilakukan untuk memperebutkan posisi terbaik yang sudah dibagi ke dalam berbagai kategori.

Mendukung posisi madrasah dalam revolusi industri 4.0

Dalam penutupan kompetisi robotik tingkat nasional tersebut, Direktur Jenderal Pendidikan Islam, Kamarudin Amin mengatakan bahwa kompetisi robotik madrasah ini adalah hal yang penting. 

“Kompetisi robotik menjadi hal yang penting untuk Kementerian Agama guna mendukung posisi siswa berbagai madrasah dalam era revolusi industri 4.0”, katanya.

Hal inilah yang sebenarnya diusahakan dan menjadi dasar perjuangan Madrasah Techad Technologi Al Ittihad. 

Dalam kurikulum yang diajarkan, madrasah yang terletak di Malang ini senantiasa mengajarkan berbagai teknologi terbaru kepada siswa sejak dini. 

Maksud dari pengajaran ini adalah nantinya siswa Madrasah Techad Technologi Al Ittihad bisa bersaing untuk menghadapi revolusi industri 4.0 yang terus berjalan.

Juara sebagai sebuah pembuktian.
Juara 3 yang diperoleh Madrasah Techad Technologi Al Ittihad dalam kompetisi robotik tingkat nasional 2019 adalah salah satu pembuktian yang nyata. 

Gelar tersebut bukan hanya menjadi sebuah prestasi, namun juga sebuah hasil dari keseriusan.

Madrasah Techad Technologi Al Ittihad, dalam kompetisi robotik tersebut berhasil menjadi juara 3 untuk kriteria kegunaan robot.  

Mereka berjuang menghadapi 30 peserta MI dari total 150 madrasah yang turut dalam kompetisi nasional ini.

Gelar juara yang didapatkan tentu menjadi tambahan modal bagi Madrasah Techad Technologi Al Ittihad untuk terus berkarya.

Adanya pencapaian yang sudah terbukti juga akan menjadi pelecut semangat para pihak yang terlibat untuk menghasilkan generasi unggul dengan intelegensi dan skill yang relevan dengan zaman.

Program Techad mengusung sistem pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning) sehingga dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan sebuah masalah.