200 Ribu Kendaraan Diprediksi Padati Jalan Kota Batu Saat Libur Natal dan Tahun Baru, Yuk Lewat Jalur Alternatif

Dec 23, 2019 18:45
Peta jalur alternatif Kota Batu.
Peta jalur alternatif Kota Batu.

MALANGTIMES - 200 ribu kendaraan diprediksi Dinas Perhubungan akan memadati jalanan di Kota Batu saat libur Natal dan Tahun Baru mendatang. 

Demikian jalur satu arah diberlakukan terhitung sejak Senin (23/12/2019) hingga Kamis (2/1/2020) mendatang.

Baca Juga : Sering Dilalui Tapi Kini Ditutup, Berikut Jalur Alternatif yang Disediakan Polres Malang

Bagi wisatawan yang akan datang ke Kota Batu, Satuan Lalu lintas (Satlantas) Polres Batu telah menyuguhkan peta jalur alternatif wisata di Kota Batu.

Dalam peta itu dijelaskan jalan alternatif dengan warna-warna yang berbeda-beda. 

Ada lima jalur dengan warna biru, merah, hijau, ungu, dan biru muda. 

Rinciannya untuk jalur biru yakni jalur yang bisa digunakan masuk dan keluar Kota Batu melalui Karangploso - Desa Giripurno - Desa Pandanrejo - Simpang Tiga Bendo - Alun Alun Kota Batu, Jl Panglima Sudirman - Jalan Trunojoyo - Pujon - Jombang/Kediri. 

Jalur ini direkomendasikan untuk wisatawan dari arah Surabaya yang hendak menuju ke Jombang/Kediri atau langsung ke Alun-Alun Kota Batu. 

Begitu juga sebaliknya dari arah Jombang/Kediri yang hendak ke daerah Karangploso atau Lawang bisa menggunakan jalur ini. 

Lalu jalur alternatif merah yang merupakan jalur keluar dari jantung Kota Batu melalui Jl Wukir Kelurahan Temas, melalui jalur alternatif Desa Torongrejo dan keluar di Desa Mojorejo, Kecamatan Junrejo.

Kemudian untuk jalur hijau adalah jalur masuk menuju Kota Batu melalui Kelurahan Dadaprejo - Desa Tlekung - Desa Oro Oro Ombo - Jl Agus Salim - Jl Suropati - Jl Trunojoyo - Kelurahan Songgokerto.

Sedangkan jalur alternatif biru muda yang melalui daerah Mojokerto bisa melalui Cangar Desa Sumber Brantas - Desa Tulungrejo - Desa Sidomulyo - Simpang Tiga Bendo - Jl Bromo Semeru - Alun Alun Batu. Dan jalur warna ungu, dimana jalur ini menggunakan jalan raya Soekarno (Dadaprejo) masuk melalui Buk Anyar - Jl Hasanudin Desa Junrejo - Desa Oro Oro Ombo - Jl Agus Salim - Jl Sultan Agung. 

Kasat Lantas Polres Batu, AKP Dyana Suci Listyawati mengatakan, adanya peta alternatif ini agar diketahui oleh wisatawan yang akan ke Kota Batu. 

Baca Juga : Sempat Ditunda, Exit Tol Madyopuro Beroperasi Sore Ini

Selain itu untuk mempermudah wisatawan melewati jalur yang ingin ditempuh.

"Jadi bagi wisatawan yang akan masuk ke Kota Batu bisa mempelajari jalur-jalur yang ada di peta ini. Sehingga waktu di Kota Batu sudah tahu jalur mana yang diambil," kata Dyana.

Hal ini dilakukan juga sebagai upaya untuk mengurai kemacetan yang ada di Kota Batu dengan optimalisasi jalur alternatif. 

Sehingga saat libur Nataru mendatang nanti wisatawan bisa lebih nyaman.

Sedangkan dari lima jalur tersebut, hanya dua jalur yang bisa dilewati roda enam ke atas. 

Yakni jalur biru Kecamatan Karangploso dan jalur biru muda Jalan Bromo Semeru. 

"Lima jalur itu yang hanya dilintasi R6 ke atas cuman dua jalur saja, jadi nanti akan lebih lancar," tutupnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
BatuBerita Batulibur natalTahun Baru 2019

Berita Lainnya

Berita

Terbaru