Tak Kenal Lelah, Inilah Alasan Kenapa Pasukan Kuning Sangat Berjasa

Dec 21, 2019 16:13
Giat dan penuh semangat, pasukan kuning Dinas Lingkungan Hidup Kota Malang bersih-bersih saluran air di kawasan Kedawung Kota Malang
Giat dan penuh semangat, pasukan kuning Dinas Lingkungan Hidup Kota Malang bersih-bersih saluran air di kawasan Kedawung Kota Malang

MALANGTIMES - Penghargaan Adipura hingga kebersihan Kota Malang bukan hanya pencapaian yang selalu diimpikan pemerintah dan masyarakat di Kota Pendidikan ini. Mimpi itu pada dasarnya juga selalu terbesit di hati para pahlawan sampah yang bukan lain adalah pasukan kuning Dinas Lingkungan Hidup Kota Malang.

Tak kenal waktu juga tak kenal terik dan hujan, pasukan kuning hampir selalu ditemui di jalan, taman, bahkan saluran air yang tengah mampet. Di sana, mereka bekerja tanpa kenal lelah untuk mengangkut dan membersihkan seluruh titik kota agar tak ada sampah yang berserakan.

Baca Juga : Masyarakat Belum Sadar Buang Sampah pada Tempatnya, DLH Komitmen Buat Kota Malang Bersih dengan Langkah Ini

Saat musim hujan seperti sekarang, tak sedikit nyinyiran yang mempertanyakan pekerjaan pasukan kuning. Seolah pahlawan sampah itu menjadi kambing hitam atas terjadinya banjir yang menggenangi beberapa titik di Kota Malang.

Tapi di balik itu semua, tak ada sedikitpun kalimat mengeluh dari pahlawan sampah di Kota Pendidikan ini. Meski setiap hari harus bergelut dengan sampah yang kotor dan berbau tak sedap, mereka selalu siaga menggerakkan tangan dan kaki untuk mengangkut sampah. Terutama gunungan sampah yang selalu ditemukan di saluran air.

Bekerja menggunakan hati demi lingkungan yang bersih nampaknya tersirat pula dalam potongan video yang disebarkan melalui pesan singkat WhatsApp berikut ini. Dalam video singkat itu, tampak para pahlawan sampah kita bekerja tanpa kenal lelah saat membersihkan sampah yang menumpuk di saluran air.

Kondisi saluran air yang becek karena bercampur lumpur seolah tak dihiraukan. Mereka masih sempat tersenyum dan bercanda gurau sembari mengangkat potongan sampah yang berserak di sana dan sini.

Baca Juga : Percantik Jalan Protokol, Vertical Garden di Kota Batu Ini Beda dari yang Lain

Video berdurasi singkat itu sendiri ternyata diambil saat pasukan kuning membersihkan area pertigaan Jalan Kedawung pada Sabtu (21/12/2019) pagi. Berseragam dan mengenakan aneka perlengkapan, pasukan kuning membersihkan setiap sisi saluran air yang dipenuhi ranting dan plastik.

Kabid Kebersihan DLH Kota Malang, Joao MGD Carvalho menginformasikan, langkah terjun ke titik sampah memang menjadi tugas utama tim pasukan kuning. Pihaknya pun selalu siap siaga membersihkan setiap titik Kota Malang, tanpa kecuali melalui Gerakan Angkut Sampah dan Sedimen (GASS) yang kembali digeliatkan.

"Karenanya kami senang pula ada Gerakan Angkut Sampah dan Sedimen (GASS), itu seakan memberikan oase dalam dahaga padang pasir, anak anak (pasning) menjadi makin semangat," ungkap Joao.

Topik
MalangBerita MalangDLH Kota MalangPasukan Kuning DLH Kota Malang
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru