Khotmil Quran UIN Malang. (Foto: istimewa)
Khotmil Quran UIN Malang. (Foto: istimewa)

MALANGTIMES - Segenap pimpinan dan sivitas akademika Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Maliki) Malang kembali menggelar khotmil Quran dan salawatan di lobi Gedung Rektorat lantai 1, Jumat (20/12/2019).

Kegiatan religi ini digelar untuk meningkatkan nilai kedalaman spiritual keluarga besar UIN Maliki. Dimulai dengan pembacaan ayat suci Alquran secara bersama, setiap orang membaca satu juz dan dilanjutkan dengan pembacaan tahlil serta salawatan.

Dalam sambutannya, Rektor UIN Malang Prof Dr Abdul Haris MAg mengimbau agar kegiatan serupa terus dilakukan secara konsisten. "Hal ini merupakan bentuk syukur atas nikmat yang telah diberikan  Allah SWT," katanya.

"Selain bekerja mencari nafkah, juga harus diimbangi dengan ibadah, sehingga rezekinya semakin berkah," tuturnya kemudian.

Rektor kelahiran Lamongan itu juga meminta agar semua sivitas menjaga tradisi khotmil Quran ini dengan baik. Sehingga kampus berlogo Ulul Albab ini akan semakin maju, berkembang, dan tentunya semakin berkah.

Hal ini juga dilakukan agar silaturahmi terus terjaga dan komunikasi yang komunikatif terus terjalin di antara seluruh warga kampus. 

Program khotmil Quran dilakukan setiap Jumat dengan sistem bergantian antarfakultas, unit, dan lembaga yang ada di lingkungan UIN Maliki.

Dalam pelaksanaan khotmil, Prof Haris meminta agar para dosen dan karyawan bisa hadir di kampus tepat pukul 7 pagi. Tujuannya agar kegiatan khotmil Quran tidak mengganggu jam kerja yang sudah ditetapkan.

Di UIN Malang, ngaji bersama dan berdoa selalu diadakan di semua fakultas dan bagian-bagian yang dipimpin  dekan dan kepala bagian sejak 2019 setiap pagi sebelum pukul 07.30.