Perlintasan kereta api tanpa palang pintu (doc MalangTIMES)
Perlintasan kereta api tanpa palang pintu (doc MalangTIMES)

MALANGTIMES - Data dari Satlantas Polresta Malang Kota, Kota Malang tercatat memiliki  sebanyak 22 perlintasan kereta api. Perlintasan tersebut seringkali digunakan masyarakat untuk memotong jalur jalan agar lebih dekat.

Namun, dari jumlah 22 perlintasan kereta api tersebut, ternyata sebanyak 11 perlintasan kereta api tercatat tak memiliki palang untuk mencegah masyarakat yang akan melintas menyebrangi rel saat kereta melintas. Sementara 11 perlintasan memiliki palang pintu.

Karenanya, masyarakat diminta untuk lebih berhati-hati dan selalu berkonsentrasi ketika akan melintasi perlintasan rel kereta api dan juga tak berpenjaga. 

Sebab bukan tanpa alasan, telah banyak kasus masyarakat yang melintasi perlintasan rel kereta api mengalami kecelakaan karena kurang konsentrasi saat melintas.

"Kepada seluruh pengguna kendaraan baik itu r2, r4, r6 yang melewati perlintasan kereta api agar memperhatikan situasi kiri dan kanan sebelum menyeberang, pastikan tidak ada kereta yang sedang melintas," ungkap Kapolresta Malang Kota, AKBP Leonardus Sinarmata SIK, MH.

Saat akan memasuki perlintasan rel kereta, masyarakat juga diharapkan agar memperlambat laju kendaraan untuk memastikan kondisi aman sebelum melintas. Hal tersebut tentu guna menghindari insiden kecelakaan kereta api dengan kendaraan.

"Jangan ngebut nyelonong. Sebab kalau ada  kereta lewat, kemudian disitu tidak ada palang pintu dan tidak ada yang menjaga, kereta melintas, kendaraan juga melintas kan jadi fatal akibatnya. Makanya kami himbau masyarakat selalu waspada dan konsentrasi saat berkendara melintas diperlintasan rel kereta api," jelasnya

Kasatlantas Polresta Malang Kota, AKP Priyanto SIK, MH, menambahkan hal senada dengan Kapolresta Malang Kota. Pihaknya sekali lagi juga mengimbau masyarakat lebih meningkatkan kewaspadaan dan selalu berkonsentrasi penuh saat berkendara.

"Perlintasan kereta tanpa palang pintu rawan terjadi kecelakaan. Untuk itu, para pengemudi diharap lebih waspada melihat jalur kereta api sebelum menyeberang perlintasan," pungkas mantan Kapolsek Bubutan itu